PEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK PERSONAL BRANDING DUTA BAHASA SULAWESI TENGGARA
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM MEMBENTUK PERSONAL BRANDING DUTA BAHASA SULAWESI TENGGARA
|
|
Creator |
Sitti Utami Rezkiawaty Kamil, Muhammad Safrianto, La Ode Jumaiddin
|
|
Description |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Pemanfaatan Instagram dalam Membentuk Personal Branding Duta Bahasa Sulawesi Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pemanfaatan Instagram dalam Membentuk Personal Branding Duta Bahasa Sulawesi Tenggara. Penelitian ini dilakukan di Kota Kendari dan Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara yang menjadi fokus lokasi penelitAian. Pemilihan lokasi penelitian ini didasarkan atas pertimbangan bahwa Kantor Bahasa merupakan suatu lembaga yang mengadakan pemilihan Duta Bahasa itu sendiri dan mempublikasikannya kepada masyarakat sehingga dapat memudahkan peneliti untuk melakukan proses penelitian lapangan terutama untuk proses pengumpulan data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori The Eight Law Of Personal Branding. Informan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang dengan teknik penentuan menggunakan metode purposive sampling teknik ini mengumpulkan data dengan wawancara sedangkan teknik analisis data menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, display data, penyajian kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Duta Bahasa Sulawesi Tenggara membentuk personal brandingnya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam instagram. personal branding Duta Bahasa Sulawesi Tenggara dilihat dari 8 konsep yaitu secara spesialisasi: duta bahasa memiliki kemampuan publik speaking dan skil berkomunikasi serta memiliki hobi fotografi dan berpenampilan apa adanya. Kepemimpinan: duta bahasa memiliki sosok kepemimpinan yang ditunjukan saat menjalankan kegiatan kedutaan dan dilaksnakan dengan baik. Kepribadian: duta bahasa memiliki kepribadian yang baik, humoris, periang dan suka berbaur dengan masyarakat. Perbedaan: duta bahasa memiliki perbedaan dalam memperkenalkan dirinya yaitu melalui kemampuan dan hobi. Terlihat: duta bahasa selalu mengadakan kegiatan setiap bulannya dilingkungan masyarakat. Kesatuan: kepribadian yang baik, humoris, periang dan suka berbaur sejalan dengan yang ditentukan oleh brandnya. Keteguhan: duta bahasa konsisten membangun personal brandingnya dan merupakan tipe orang yang mengikuti perkembangan zaman. Nama baik: citra positif Duta Bahasa dengan jiwa sosialnya.Kata kunci : Personal Branding, Duta Bahasa, Instagram
|
|
Publisher |
Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-12-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/5156
10.52423/jikuho.v3i4.5156 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 3, No 4 (2018): Edisi Oktober
2527-9173 10.52423/jikuho.v3i4 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/5156/3848
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO
|
|