Record Details

POLA KOMUNIKASI PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN (study kasus : pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara)

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title POLA KOMUNIKASI PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN (study kasus : pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara)
 
Creator Asrul Jaya, Elisabeth Manga, Marsia Sumule G,
 
Description Permasalahan yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi pustakawan dalam meningkatkan pelayanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pola komunikasi pustakawan dalam meningkatkan pelayanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara.Lokasi penelitian dilasanakan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara. Teori yang digunakan adalah Teori Aristoteles dalam Onong Uchjana Efendy.  Dalam penelitian ini jumlah informan sebanyak 6 orang dimana 4 orang mewakili pustakawan dan 2 pemustaka.  Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan teknik analisis data menggunakan analisis  deskriptiptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi dalam meningkatkan pelayanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara memiliki peran dalam pencapaian sistem pelayanan untuk meningkatkan mutu pelayanan.  Adapun pola komunikasi yang digunakan oleh pustakawan dalam meningkatkan pelayanan yaitu pola komunikasi satu arah, dua arah, dan multi arah.  Dari ketiga pola komunikasi yang digunakan pustakawan dalam pelayanan, pola komunikasi satu arah dan dua arah yang sangat dominan digunakan dan sangat mendukung peningkatan dalam mutu pelayanan.Penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat dan sumbangan ilmu pengetahuan bagi pustakawan khususnya pustakawan yang ada pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara.  Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat dalam perkembangan ilmu komunikasi khususnya pada penelitian pola komunikasi pustakawan dalam meningkatkan pelayanan. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Pustakawan, Pelayanan
 
Publisher Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
 
Contributor
 
Date 2017-09-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/2686
10.52423/jikuho.v2i3.2686
 
Source Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 2, No 3 (2017): Edisi Juli
2527-9173
10.52423/jikuho.v2i3
 
Language eng
 
Relation http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/2686/2004
 
Rights Copyright (c) 2017 Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO
 


www.freevisitorcounters.com