Record Details

RESEPSI AUDIENS PADA IKLAN TELEVISI KOMERSIAL

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title RESEPSI AUDIENS PADA IKLAN TELEVISI KOMERSIAL
 
Creator Gafallo, M.Fadhil Yarda
 
Description Iklan Television Commercial Indonesia tidak terlepas dari manifestasi budaya Barat. Adanya manifestasi Barat pada khalayak disinyalir berdampak pada respons dan sikap khalayak terhadap pengetahuan bahkan objek sosial. Situasi tersebut membuat posisi iklan kontemporer menjadi sangat penting, mengingat pendistribusian iklan di tengah masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemaknaan audiens terhadap iklan Oppo F 5 Capture the Real You. Penelitian ini merupakan penelitian mengenai resepsi audiens dengan menggunakan paradigma penelitian kualitatif. Melalui wawancara mendalam penelitian ini menemukan informan penelitian berada pada posisi negoisasi. Keempat informan tidak sependapat secara utuh sama dengan apa yang ditampilkan mengenai figur Indonesia pada sosok Chelsea Islan dalam iklan Oppo F 5 Capture the Real You. Melainkan sependapat mengenai budaya Indonesia yang termanifestasikan pada bahasa dan wajah. Akan tetapi, kondisi lainnya juga tidak sependapat mengenai figur Indonesia pada sosok Chelsea Islan yang syarat akan nilai budaya Barat seperti bebas berekspresi, warna rambut kemerah-merahan, mempunyai kredibilitas, teknologi yang maju dan bagus secara estetika.
 
Publisher Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
 
Contributor
 
Date 2022-02-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/23047
10.52423/jikuho.v7i1.23047
 
Source Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari; 117-134
2527-9173
10.52423/jikuho.v7i1
 
Language eng
 
Relation http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/23047/pdf
 
Rights Copyright (c) 2022 M.Fadhil Yarda Gafallo
 


www.freevisitorcounters.com