RESEPSI AUDIENS PADA IKLAN TELEVISI KOMERSIAL
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
RESEPSI AUDIENS PADA IKLAN TELEVISI KOMERSIAL
|
|
Creator |
Gafallo, M.Fadhil Yarda
|
|
Description |
Iklan Television Commercial Indonesia tidak terlepas dari manifestasi budaya Barat. Adanya manifestasi Barat pada khalayak disinyalir berdampak pada respons dan sikap khalayak terhadap pengetahuan bahkan objek sosial. Situasi tersebut membuat posisi iklan kontemporer menjadi sangat penting, mengingat pendistribusian iklan di tengah masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemaknaan audiens terhadap iklan Oppo F 5 Capture the Real You. Penelitian ini merupakan penelitian mengenai resepsi audiens dengan menggunakan paradigma penelitian kualitatif. Melalui wawancara mendalam penelitian ini menemukan informan penelitian berada pada posisi negoisasi. Keempat informan tidak sependapat secara utuh sama dengan apa yang ditampilkan mengenai figur Indonesia pada sosok Chelsea Islan dalam iklan Oppo F 5 Capture the Real You. Melainkan sependapat mengenai budaya Indonesia yang termanifestasikan pada bahasa dan wajah. Akan tetapi, kondisi lainnya juga tidak sependapat mengenai figur Indonesia pada sosok Chelsea Islan yang syarat akan nilai budaya Barat seperti bebas berekspresi, warna rambut kemerah-merahan, mempunyai kredibilitas, teknologi yang maju dan bagus secara estetika.
|
|
Publisher |
Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-02-02
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/23047
10.52423/jikuho.v7i1.23047 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari; 117-134
2527-9173 10.52423/jikuho.v7i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/23047/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 M.Fadhil Yarda Gafallo
|
|