Record Details

STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI PELAKSANA PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) DI KOTA KENDARI (STUDI KOMUNIKATOR PADA DINAS PUPR KOTA KENDARI BIDANG CIPTA KARYA)

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI PELAKSANA PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) DI KOTA KENDARI (STUDI KOMUNIKATOR PADA DINAS PUPR KOTA KENDARI BIDANG CIPTA KARYA)
 
Creator Ramadhan, Atif Rachmat
 
Description ATIF RACHMAT RAMADHAN Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Stambuk C1D1 14 034 dengan judul skripsi Strategi Komunikasi Organisasi Pelaksana Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Di Kota Kendari (Studi Komunikator Pada Dinas PUPR Kota Kendari Bidang Cipta Karya). Pembimbing : (I) Dr. La Tarifu, S.Pd, M.Si (II) Sutiyana Fachruddin, S.Sos, M.I.KomTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi organisasi Dinas PUPR sebagai pelaksana program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kota Kendari dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan konsep Stategi Komunikasi oleh Effendy(2003). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan memberikan gambaran yang jelas dan terperinci mengenai Strategi Komunikasi Organisasi Dinas PUPR pelaksana Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kota Kendari dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambatnya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pihak program dapat mengenal sasarannya berdasarkan data dari pemerintah pusat dan pengecekan ulang dilapangan, selain itu mengetahui kondisi sosial-budaya masyarakat sasaran juga dilakukan Dinas PUPR. Media yang digunakan pihak program disesuaikan dengan kebutuhan, seperti spanduk dan media online, dimana pesan ditujukan pada masyarakat yang tinggal di daerah kumuh. Dinas PUPR (Komunikator) juga berperan aktif dalam penyampaian informasi terkait program. Semua diatur sesuai bagiannya masing-masing baik di tingkat kota ataupun ditingkat kelurahan. Daya tarik dan kredibilitas komunikator yaitu menggunakan pakaian yang rapi dan penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh sasaran program. Serta dampak yang muncul pada kesadaran masyarakat.Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Program Kota Tanpa Kumuh            (KOTAKU), Dinas PUPR Kota Kendari.
 
Publisher Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
 
Contributor
 
Date 2018-12-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/5073
10.52423/jikuho.v3i1.5073
 
Source Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 3, No 1 (2018): Edisi Januari
2527-9173
10.52423/jikuho.v3i1
 
Language eng
 
Relation http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/5073/3793
 
Rights Copyright (c) 2018 Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO
 


www.freevisitorcounters.com