PERAN PUBLIC RELATIONS PT. IFISHDECO DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN DI KALANGAN MASYARAKAT AREA PERTAMBANGAN KABUPATEN KONAWE SELATAN
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PERAN PUBLIC RELATIONS PT. IFISHDECO DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN DI KALANGAN MASYARAKAT AREA PERTAMBANGAN KABUPATEN KONAWE SELATAN
|
|
Creator |
Juhardin, Juhardin
|
|
Description |
Rumusan masalah penelitian adalah: (1) Usaha-usaha Public Relations PT. Ifishdeco dalam meningkatkan citra positif perusahaan di kalangan masyarakat? Dan (2) Bagaimana tanggapan masyarakat area pertambangan PT. Ifishdeco terhadap pencitraan perusahaan? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui usaha-usaha Public Relations PT. Ifishdeco dalam meningkatkan citra positif perusahaan di kalangan masyarakat; dan (2) Untuk mengetahui tanggapan masyarakat area pertambangan PT. Ifishdeco terhadap pencitraan perusahaan.Penelitian ini telah dilakukan PT. Ifishdeco Jalan Poros Kabupaten Konawe Selatan. Informan dalam penelitian ini adalah pihak internal perusahaan meliputi pimpinan PT. Ifishdeco, public relations perusahaan serta karyawan sebanyak 10 orang serta pihak eksternal PT. Ifishdeco yakni masyarakat yang ada di sekitar area pertambangan sebanyak 5 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Public Relations PT. Ifishdeco adalah kegiatan keagamaan, sosial, pendidikan dan kesehatan yaitu kegiatan Posyandu, bantuan beasiswa & perbaikan fasilitas pendidikan, partisipasi pada perayaan hari besar islam, partisipasi pada perayaan HUT RI, kunjungan/anjang sana, pemberian pinjaman tanpa bunga. Kegiatan-kegiatan tersebut sebagian besar telah diketahui dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat area pertambangan. (2) Masyarakat area pertambangan menanggapi secara positif kegiatan-kegiatan keagamaan, sosial, pendidikan dan kesehatan yang dilakukan oleh Public Relations PT. Ifishdeco. Begitu juga dengan pelayanan Public Relations PT. Ifishdeco yang dinilai memuaskan dan selalu berusaha memberikan pelayanan yang baik dan cepat kepada masyarakat. Public Relations PT. Ifishdeco juga telah berhasil membina hubungan yang baik dengan masyarakat area pertambangan. Keberadaan PT. Ifishdeco telah diterima kehadirannya oleh sebagian besar masyarakat area pertambangan dan masyarakat juga percaya bahwa PT. Ifishdeco selalu berusaha memperhatikan kepentingan masyarakat salah satunya ditunjukkan dengan pemberian sumbangan, penerimaan tenaga kerja dan lain-lain. Public Relations PT. Ifishdeco juga telah berhasil memperoleh dukungan dari masyarakat yang diwujudkan dengan kesediaan masyarakat untuk membantu apabila perusahaan mengalami musibah. Dengan adanya dukungan dari masyarakat maka dengan sendirinya masyarakat juga akan memberikan penilaian yang positif terhadap PT. Ifishdeco. Kata Kunci: Public Relation, Citra Positif
|
|
Publisher |
Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-02-19
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1885
10.52423/jikuho.v2i1.1885 |
|
Source |
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari
2527-9173 10.52423/jikuho.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1885/1326
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO
|
|