Record Details

PERAN PUBLIC RELATIONS PT. IFISHDECO DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN DI KALANGAN MASYARAKAT AREA PERTAMBANGAN KABUPATEN KONAWE SELATAN

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERAN PUBLIC RELATIONS PT. IFISHDECO DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN DI KALANGAN MASYARAKAT AREA PERTAMBANGAN KABUPATEN KONAWE SELATAN
 
Creator Juhardin, Juhardin
 
Description Rumusan masalah penelitian adalah: (1) Usaha-usaha Public Relations PT. Ifishdeco dalam meningkatkan citra positif perusahaan di kalangan masyarakat? Dan (2) Bagaimana tanggapan masyarakat area pertambangan PT. Ifishdeco terhadap pencitraan perusahaan? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui usaha-usaha Public Relations PT. Ifishdeco dalam meningkatkan citra positif perusahaan di kalangan masyarakat; dan (2) Untuk mengetahui tanggapan masyarakat area pertambangan PT. Ifishdeco terhadap pencitraan perusahaan.Penelitian ini telah dilakukan PT. Ifishdeco Jalan Poros Kabupaten Konawe Selatan. Informan dalam penelitian ini adalah pihak internal perusahaan meliputi pimpinan PT. Ifishdeco, public relations perusahaan serta karyawan sebanyak 10 orang serta pihak eksternal PT. Ifishdeco yakni masyarakat yang ada di sekitar area pertambangan sebanyak 5 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Public Relations PT. Ifishdeco adalah kegiatan keagamaan, sosial, pendidikan dan kesehatan yaitu kegiatan Posyandu, bantuan beasiswa & perbaikan fasilitas pendidikan, partisipasi pada perayaan hari besar islam, partisipasi pada perayaan HUT RI, kunjungan/anjang sana, pemberian pinjaman tanpa bunga. Kegiatan-kegiatan tersebut sebagian besar telah diketahui dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat area pertambangan. (2) Masyarakat area pertambangan menanggapi secara positif kegiatan-kegiatan keagamaan, sosial, pendidikan dan kesehatan yang dilakukan oleh Public Relations PT. Ifishdeco. Begitu juga dengan pelayanan Public Relations PT. Ifishdeco yang dinilai memuaskan dan selalu berusaha memberikan pelayanan yang baik dan cepat kepada masyarakat. Public Relations PT. Ifishdeco juga telah berhasil membina hubungan yang baik dengan masyarakat area pertambangan. Keberadaan PT. Ifishdeco telah diterima kehadirannya oleh sebagian besar masyarakat area pertambangan dan masyarakat juga percaya bahwa PT. Ifishdeco selalu berusaha memperhatikan kepentingan masyarakat salah satunya ditunjukkan dengan pemberian sumbangan, penerimaan tenaga kerja dan lain-lain. Public Relations PT. Ifishdeco juga telah berhasil memperoleh dukungan dari masyarakat yang diwujudkan dengan kesediaan masyarakat untuk membantu apabila perusahaan mengalami musibah. Dengan adanya dukungan dari masyarakat maka dengan sendirinya masyarakat juga akan memberikan penilaian yang positif terhadap PT. Ifishdeco. Kata Kunci: Public Relation, Citra Positif
 
Publisher Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha
 
Contributor
 
Date 2017-02-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1885
10.52423/jikuho.v2i1.1885
 
Source Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi; Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari
2527-9173
10.52423/jikuho.v2i1
 
Language eng
 
Relation http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1885/1326
 
Rights Copyright (c) 2017 Journal Ilmu KOMUNIKASI UHO
 


www.freevisitorcounters.com