KONSEPSI LITERASI INFORMASI (INFORMATION LITERACY) DALAM PENDIDIKAN ISLAM
AL Maktabah : Jurnal Kajian Ilmu dan Perpustakaan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KONSEPSI LITERASI INFORMASI (INFORMATION LITERACY) DALAM PENDIDIKAN ISLAM
|
|
Creator |
Basinun, Basinun
|
|
Subject |
Konsepsi Literasi Informasi;Pendidikan Islam
Literasi Pendidikan;Informasi Literasi |
|
Description |
Era globalisasi menuntut dunia pendidikan untuk bisa berakselerasi mengikuti tuntutan jaman. Kurikulum, tenaga pengajar, proses pengajaran, media, sarana dan prasarana pendidikan harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Salah satu yang mem- berikan indikasi ke arah ini adalah dengan banjirnya informasi dan pertumbuhan media yang terus menunjukan dinamisasi dan inovasi tanpa henti dan bervariasi, mulai dari kontennya, kemasannya, ruang lingkupnya serta pola dan cara aksesnya. Bagaimanapun juga efek dari information booming adalah manusia yang melek terhadapnya. Manusia yang melek informasi akan lebih cepat mengkuti perkembangan dan tuntutan yang ada. Inilah tuntutan sebenarnya bagi kalangan masyarakat aka- demisi.Literasi informasi bagi dalam dunia pendidikan sangat diperlukan, agar nantinya pendidikan nasional mampu bersaing pada level global. Untuk itu, sudah saatnya instansi pendidikan khususnya Islam, mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi memperhatikan kepentingan ini. Meski membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun jika diawali dengan semangat untuk mau melakukan perubahan maka apapun akan bisa dilakukan. Meski perubahan itu sendiri pada sifatnya akan mencip- takan resiko, ketidakpastian serta biaya baik biaya ekonomis maupun psikologis. Agar komitmen perubahan bisa ditumbuhkan, perlu dilahirkan visi bersama (shared vision) tentang bagaimana memperbaiki situasi dan tujuan bersama (shared aim) menuju masa depan. Ketersediaan sarana teknologi informasi (internet) serta perpustakaan yang tentunya sudah ada di tiap institusi pendidikan harus terus dikembangkan dan benar-benar dimanfaatkan secara optimal. Pemanfaatan sumber daya yang ada (teknologi dan sumber informasi) untuk pendidikan akan lebih efektif, efisien dan optimal apabila dibekali dengan penguasaan literasi informasi. Dengan menguasai literasi informasi maka akan menumbuhkan jiwa kritis, kreatif, inovatif, meningkatkan kinerja serta kesiapannya dalam bersaing di era globalisasi. Tidak ada kata terlambat atau tidak bisa bagi civitas akademik agar bisa melek informasi. Melek informasi menjadi salah satu modal kemajuan suatu negara melalui jalur pendidikan
|
|
Publisher |
Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu
|
|
Contributor |
IAIN Bengkulu
|
|
Date |
2018-06-05
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/almaktabah/article/view/1220
10.29300/mkt.v3i1.1220 |
|
Source |
AL Maktabah; Vol 3, No 1 (2018): JUNI; 30-35
2657-2346 2502-9355 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/almaktabah/article/view/1220/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 AL Maktabah
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|