Pendidikan Literasi pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sentot Ali Basya Ja’al Haq Kota Bengkulu
AL Maktabah : Jurnal Kajian Ilmu dan Perpustakaan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pendidikan Literasi pada Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sentot Ali Basya Ja’al Haq Kota Bengkulu
|
|
Creator |
Ni'am, Falahun
Hidayaturrahman, Muhammad Hidayat, Nur |
|
Subject |
Pendidikan Literasi, Pesantren, Sentot Ali Basya
Literasi bahasa Arab |
|
Description |
Pendidikan literasi merupakan hal yang perlu diperhatikan di dalam semua sektor pendidikan, karena dengan kemampuan literasi yang baik akan menumbuhkan sikap selektif dan hati-hati dalam menerima sebuah informasi. Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang tertua di Indonesia yang menanamkan pendidikan literasi yang berpegang teguh pada kejelasan sanad keilmuan. Karakteristik pesantren tersebut membut penulis ingin meneliti dan membahas tentang pendidikan literasi yang ada pada salah satu pondok pesantren di kota Bengkulu yaitu pondok pesantren Sentot Ali Basya Ja’al Haq. Dalam tulisan ini, penulis menggunakan metode penelitian berupa studi kasus. Pendidikan literasi pada pondok pesantren Sentot Ali Basya Ja’al Haq terlihat pada proses pembelajaran dengan menggunakan beberapa metode yang fokus pada literasi yang kuat, metode tersebut berupa: Maknani (Tarjamah Harfiyah), Sorogan, Bandongan/Wetonan, dan Musyawarah (diskusi).
|
|
Publisher |
Pusat Perpustakaan IAIN Bengkulu
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-12-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/almaktabah/article/view/5269
10.29300/mkt.v6i2.5269 |
|
Source |
AL Maktabah; Vol 6, No 2 (2021): DESEMBER; 115-121
2657-2346 2502-9355 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/almaktabah/article/view/5269/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 AL Maktabah
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|