Record Details

LITERASI MEDIA BARU MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Jurnal Pustaka Budaya

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title LITERASI MEDIA BARU MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM RIAU
 
Creator Kurnia, Uthi
Sudiar, Nining
Amelia, Vita
 
Subject New Media Literacy
Undergraduate Student in Faculty of Islamic Studies
Islamic University of Riau
 
Description Abstrak
Penelitian ini berjudul Literasi Media Baru Mahasiswa Falultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat literasi media baru Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan objek penelitian literasi media baru Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau dengan responden berjumlah 89 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi media baru Mahasiswa Fakutas Agama Islam Universitas Islam Riau berada pada kategori sangat baik dengan persentase 79,81%. Hasil analisis data responden menunjukkan bahwa secara keseluruhan literasi media baru Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau untuk masing-masing indikator berada pada kategori sangat baik hanya saja dengan persentase yang berbeda-beda. Jika dijabarkan per indikator maka didapatkan bahwa kemampuan tertinggi berada pada indikator Performance yaitu 84,41%. Kemudian di posisi ke dua yaitu indikator Play dengan persentase sebesar 82,96%. Di posisi ke tiga adalah indikator Networking dengan persentase sebesar 82,68%. Posisi ke empat adalah Visualisation dengan persentase sebesar 82,23%. Posisi ke lima dan ke enam ada pada indikator Distributed Cognition dan Transmedia Navigation dengan persentase masing-masing sebesar 81,60% dan 80,34%. Posisi ke tujuh adalah Negotiation dengan persentase sebesar 80,13%. Sisanya juga termasuk dalam kategori sangat baik namun dengan persentase di bawah 80%, yaitu di posisi delapan dan sembilan yang di tempati oleh Simulation dan Appropriation dengan persentase masing-masing sebesar 79,14% dan 78,93%. Indikator Judgment dengan persentase sebesar 78,00%, Collective Intelligence dengan persentase sebesar 77,67% dan peringkat terbawah ada pada indikator Multitasking dengan persentase sebesar 77,53%.
 
Kata kunci: Literasi Media Baru, Mahasiwa Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
 
Abstract
The title of this research is new media literacy of undergraduate student in Faculty of Islamic Studies, Islamic University of Riau, Pekanbaru. This study aims to identify the level of new media literacy amongst students. This study conducts descriptive qualitative method by distributing questioner to 89 students and describing the result thoroughly. There are 12 indicators examined: performance, play, networking, visualization, distributed cognition, transmedia navigation, negotiation, simulation, appropriation, judgment, collective intelligence, and multi tasking. The result shows that students’ new media literacy is good. Around 79,81% students are able to perform new media literacy well. From all indicators, “performance” placed the highest score around 84,41% followed by play (82,96%), networking (82,68%), visualisation (82,23%), distributed cognition (81,60%), transmedia navigation  (80,34%), negotiation (80,13%), simulation (79,14%), appropriation  (78,93%), judgment (78,00%), collective intelligence (77,67%) and multitasking (77,53%).
 
Keyword: New Media Literacy, Undergraduate Student in Faculty of Islamic Studies, Islamic University of Riau
 
Publisher Universitas Lancang Kuning
 
Date 2019-01-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unilak.ac.id/index.php/pb/article/view/2311
10.31849/pb.v6i1.2311
 
Source Jurnal Pustaka Budaya; Vol. 6 No. 1 (2019); 43-54
2442-7799
2355-1186
10.31849/pb.v6i1
 
Language eng
 
Relation https://journal.unilak.ac.id/index.php/pb/article/view/2311/1471
 
Rights Copyright (c) 2019 Author and Journal
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0
 


www.freevisitorcounters.com