KEPUASAN PEMUSTAKA PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN PADA LAYANAN PERPUSTAKAAN BALAI BESAR REHABILITASI SOSIAL BINA GRAHITA (BBRSBG) KARTINI DI TEMANGGUNG
Jurnal Ilmu Perpustakaan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KEPUASAN PEMUSTAKA PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN PADA LAYANAN PERPUSTAKAAN BALAI BESAR REHABILITASI SOSIAL BINA GRAHITA (BBRSBG) KARTINI DI TEMANGGUNG
|
|
Creator |
Setyaningtyas, Eri
Nurislaminingsih, Rizki |
|
Subject |
BBRSBG Kartini; kepuasan pemustaka; layanan perpustakaan; libQual+TM ;penyandang disabilitas intelektual
|
|
Description |
Penelitian ini mengidentifikasi kepuasan pemustaka Penyandang Disabilitas Intelektual (PDI) ringan pada layananPerpustakaan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) Kartini di Temanggung. BBRSBG Kartinimerupakan lembaga pemerintahan di bawah Kementrian Sosial RI, secara khusus menangani PDI dan merupakanbalai rehabilitasi PDI terbesar di Indonesia. Perpustakaan BBRSBG Kartini merupakan perpustakan khusus dimanapemustaka utamanya adalah PDI, sebagai sumber penyokong intelektual perpustakaan harus melayani pemustakadengan keterbatasan intelektual demi melaksanakan fungsinya dan memenuhi kesetaraan hak PDI atas informasi.Desain dan jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Penelitian ini menggunakanmetode LibQual+TM berdasarkan 3 dimensi yaitu Affect of Service, Information Control dan Library as Place.Responden diminta untuk menilai presepsi, harapan minimum dan harapan ideal terhadap 16 pertanyaan mengenailayanan perpustakaan. Analisis kepuasan diperoleh dari selisih antara nilai harapan dan persepsi. Berdasarkan hasilpenelitian, secara umum pemustaka PDI cukup puas pada layanan dengan nilai pada persepsi 7,58, nilai harapanminimum sebesar 6,39, nilai harapan ideal sebesar 7,62, dengan nilai hasil AG sebesar 1,19 dan SG -0,04. Berdasarkanvariabel, kepuasan terendah pada dimensi Information Control pada persepsi mendapat skor 7,22, nilai harapanminimum sebesar 6,37, nilai harapan ideal sebesar 7,59, dengan hasil nilai AG sebesar 0,85 dan SG -0,37. NilaiLibrary as Place pada skor persepsi mendapat angka 7,56, nilai harapan minimum 6,28, nilai harapan ideal sebesar7,56, dengan hasil AG 1,28 dan SG 0. Nilai Affect of Service merupakan dimensi yang mendapat tingkat kepuasanpaling tinggi diantara dimensi-dimensi lainnya dengan skor persepsi 7,94, nilai harapan minimum 6,49, nilai harapanideal sebesar 7,69, dengan hasil AG 1,45 dan SG 0,25.
|
|
Publisher |
Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-02-13
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23225
|
|
Source |
Jurnal Ilmu Perpustakaan; Vol 6, No 4 (2017): Oktober 2017; 191-200
97980000000 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23225/21253
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Perpustakaan
|
|