ANALISIS FUNGSI KOMIK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN PEMAKAI DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 1 KUDUS
Jurnal Ilmu Perpustakaan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS FUNGSI KOMIK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN PEMAKAI DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 1 KUDUS
|
|
Creator |
Aisy, Rikhadlotul
Setyadi, Ary |
|
Subject |
pendidikan pemakai; komik; orientasi perpustakaan; instruksi perpustakaan; temu balik informasi
|
|
Description |
Penelitian ini membahas mengenai fungsi penerapan komik sebagai media pendidikan pemakai diperpustakaan, terutama dalam pengenalan sumber daya perpustakaan dan cara temu balik infomasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi penerapan komik sebagai media pendidikanpemakai di perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif denganpendekatan action research. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dandokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi non-partisipan dan wawancaraterstruktur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa setelah menerima materi pendidikan pemakaidengan menggunakan media komik, siswa mempunyai pengetahuan baru mengenai sumber dayaperpustakaan dan perubahan perilaku siswa dalam melakukan temu balik informasi. Gambar, dialog,cerita, dan karakter yang terdapat pada komik berpengaruh dalam menarik minat siswa untukmendapatkan pengetahuan baru mengenai sumber daya yang ada di perpustakaan, dan cara temu balikinformasi di perpustakaan.
|
|
Publisher |
Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-02-07
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23161
|
|
Source |
Jurnal Ilmu Perpustakaan; Vol 6, No 3 (2017): Agustus 2017; 311-320
97980000000 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23161/21188
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Perpustakaan
|
|