Record Details

EVALUASI PELAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN STIKES St. ELISABETH SEMARANG BERDASARKAN METODE SERVQUAL

Jurnal Ilmu Perpustakaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title EVALUASI PELAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN STIKES St. ELISABETH SEMARANG BERDASARKAN METODE SERVQUAL
 
Creator Karim, Adham Mohammad
Krismayani, Ika
 
Subject evaluasi pelayanan; perpustakaan perguruan tinggi; SERVQUAL
 
Description Penelitian ini mengevaluasi pelayanan sirkulasi Perpustakaan Stikes St. Elisabeth Semarang berdasarkan metode servqual. Evaluasi pelayanan perpustakaan didasarkan pada lima dimensi servqual meliputi bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei, jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini adalah anggota Perpustakaan Stikes St. Elisabeth Semarang yang bertemu langsung dengan penulis dan telah memanfaatkan pelayanan yang diberikan perpustakaan. Penilaian skor total servqual dengan cara menghitung skor persepsi dikurangi dengan skor harapan, jika hasil total skor servqual mendekati angka nol, maka pelayanan dikatakan sudah cukup baik dalam memenuhi harapan pemustaka. Adapun hasil penelitian menunjukkan penilaian skor servqual pada dimensi bukti fisik (tangibles) sebesar -1.68, dimensi keandalan (reliabilitiy) sebesar -1.24, dimensi daya tanggap (responsiveness) sebesar -1.33, dimensi jaminan (assurance) sebesar 1.04, dan dimensi empati (empathy) sebesar -1.51. Berdasarkan perhitungan keseluruhan dimensi skor servqual, pelayanan Perpustakaan Stikes St. Elisabeth Semarang  sebesar -1.45, angka tersebut menunjukkan bahwa pelayanan perpustakaan sudah cukup baik dalam memenuhi harapan pemustakanya.
 
Publisher Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
 
Contributor
 
Date 2016-01-02
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/msword
 
Identifier https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15321
 
Source Jurnal Ilmu Perpustakaan; Vol 5, No 1 (2016): JANUARI 2016; 291-300
97980000000
 
Language eng
 
Relation https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15321/14816
 


www.freevisitorcounters.com