Mengukur Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Semarang Menggunakan LibQual+™
Jurnal Ilmu Perpustakaan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Mengukur Kualitas Layanan Perpustakaan Universitas Semarang Menggunakan LibQual+™
|
|
Creator |
Fikri, Rausyan
Prasetyawan, Yanuar Yoga |
|
Subject |
kualitas layanan, LibQUAL+TM, Persepsi, Harapan Minimum, Harapan Ideal, UPT Perpustakaan Universitas Semarang.
|
|
Description |
Dalam dunia perpustakaan, kualitas pelayanan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diwujudkan,sehingga harus selalu dijaga dan ditingkatkan. Metode LibQUAL+TM adalah metode yang digunakan untukmengukur tingkat kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan perpustakaan. Penelitian ini berjudul MengukurKualitas Layanan Perpustakaan Universitas Semarang Menggunakan LibQual+™ yang bertujuan untuk mengetahuikualitas UPT Perpustakaan Universitas Semarang dari sudut pandang LibQUAL+TM. Subjek penelitian berjumlah100 orang yang terdiri dari fakultas teknik sebanyak 29 responden, fakultas hukum 24 responden, fakultas ekonomi18 responden, fakultas teknologi informatika dan komunikasi 16 responden, fakultas teknologi pertanian 8responden, dan fakultas psikologi 5 responden. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling.Pengumpulan data digunakan dengan metode observasi dan kuisioner dengan hasil (Dimensi Persepsi, yaitu KinerjaPetugas 8 item; α = 0,921, Kualitas Informasi dan Akses Informasi 15 item; α = 0,912, Sarana Prasarana 8 item; α =0,923. Dimensi Harapan Minimum, yaitu Kinerja Petugas 8 item; α = 0,934, Kualitas Informasi dan Akses Informasi15 item; α = 0,947, Sarana Prasarana 8 item; α = 0,917. Dimensi Harapan Ideal, yaitu Kinerja Petugas 8 item; α =0,934, Kualitas Informasi dan Akses Informasi 15 item; α = 0,955, Sarana Prasarana 8 item; α = 0,956). Hasilanalisis data menunjukkan bahwa dimensi Kinerja Petugas mendapatkan posisi pertama dengan skor AG yaitusebesar 0,422576. Posisi kedua dilihat dari skor AG ditempati oleh Sarana Prasarana dengan skor 0,42203. Posisiterakhir dilihat dari skor AG yaitu dimensi Kualiats dan Akses Informasi dengan skor 0,271612. Berdasarkan hasiltersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan yang diberikan oleh UPT Perpustakaan USM sudah cukupbaik namun butuh beberapa peningkatan dalam pelayanannya.
|
|
Publisher |
Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-02-07
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23199
|
|
Source |
Jurnal Ilmu Perpustakaan; Vol 6, No 3 (2017): Agustus 2017; 671-680
97980000000 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23199/21230
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Perpustakaan
|
|