Record Details

Kepuasan Pemustaka Terhadap Mahasiswa Magang Pada Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Universitas Muria Kudus Berdasarkan Dimensi Affect Of Service Pada Metode Libqual+TM

Jurnal Ilmu Perpustakaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kepuasan Pemustaka Terhadap Mahasiswa Magang Pada Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Universitas Muria Kudus Berdasarkan Dimensi Affect Of Service Pada Metode Libqual+TM
 
Creator Prihastanti, Tika
Husna, Jazimatul
 
Subject metodeLibqual+TM, kepuasan kinerja, layanan sirkulasi, mahasiswa magang
 
Description Mahasiswa magang menjadi salah satu tenaga perpustakaan yang digunakan di PerpustakaanUniversitas Muria Kudus. Dari beberapa wawancara awal kepada pemustaka, ditemukan bahwapemustaka merasa mahasiswa magang dalam melayani masih belum menunjukan sikap yang ramahsaat melayani dan tidak mengetahui tentang sistem tata letak koleksi perpustakaan. Penelitian inidilakukan untuk mengetahui seberapa besar kepuasan pemustaka terhadap mahasiswa magang dilayanan sirkulasi.Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Metode analisis data yang digunakandalam penelitian ini yaitu metode Libqual+TM (Library Service Quality). Dari metode tersebut diambilsatu dimensi yaitu Affect of Service yang menilai tentang sikap dan kemampuan mahasiswa magangdalam melayani pemustaka di layanan sirkulasi. Metode Libqual+TM yang diciptakan oleh CollenCook, Fread Head, Brucs Thomson yang terinspriasi dari metode ServQual (Service Quality). MetodeLibqual ini dibuat sebagai salah satu metode khusus untuk mengetahui, memetakan dan betindak atasdasar opini pemustaka terhadap layanan.Hasil dari penelitian ini menunjukan kepuasan pemustakaterhadap mahasiswa magang berdasarkan pada AG (Aquacy Gap) mendapatkannilai 0,315338, yangartinya kualitas mahasiswa magang tergolong hanya memenuhi harapan minimum pemustaka danbelum melebihi harapan dari pemustaka. Berdasarkan SG (Superiority Gap) mendapatkan nilai -0,60878, yang artinya mahasiswa magang berada di Zone of tolerance atau batas toleransi yangjuga dilihat empati, ketanggapan, jaminan dan keandalan.
 
Publisher Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
 
Contributor
 
Date 2017-01-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23024
 
Source Jurnal Ilmu Perpustakaan; Vol 6, No 1 (2017): Januari 2017; 51-60
97980000000
 
Language eng
 
Relation https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23024/21094
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Perpustakaan
 


www.freevisitorcounters.com