Kepuasan Pemustaka Terhadap Mahasiswa Magang Pada Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Universitas Muria Kudus Berdasarkan Dimensi Affect Of Service Pada Metode Libqual+TM
Jurnal Ilmu Perpustakaan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Kepuasan Pemustaka Terhadap Mahasiswa Magang Pada Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Universitas Muria Kudus Berdasarkan Dimensi Affect Of Service Pada Metode Libqual+TM
|
|
Creator |
Prihastanti, Tika
Husna, Jazimatul |
|
Subject |
metodeLibqual+TM, kepuasan kinerja, layanan sirkulasi, mahasiswa magang
|
|
Description |
Mahasiswa magang menjadi salah satu tenaga perpustakaan yang digunakan di PerpustakaanUniversitas Muria Kudus. Dari beberapa wawancara awal kepada pemustaka, ditemukan bahwapemustaka merasa mahasiswa magang dalam melayani masih belum menunjukan sikap yang ramahsaat melayani dan tidak mengetahui tentang sistem tata letak koleksi perpustakaan. Penelitian inidilakukan untuk mengetahui seberapa besar kepuasan pemustaka terhadap mahasiswa magang dilayanan sirkulasi.Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Metode analisis data yang digunakandalam penelitian ini yaitu metode Libqual+TM (Library Service Quality). Dari metode tersebut diambilsatu dimensi yaitu Affect of Service yang menilai tentang sikap dan kemampuan mahasiswa magangdalam melayani pemustaka di layanan sirkulasi. Metode Libqual+TM yang diciptakan oleh CollenCook, Fread Head, Brucs Thomson yang terinspriasi dari metode ServQual (Service Quality). MetodeLibqual ini dibuat sebagai salah satu metode khusus untuk mengetahui, memetakan dan betindak atasdasar opini pemustaka terhadap layanan.Hasil dari penelitian ini menunjukan kepuasan pemustakaterhadap mahasiswa magang berdasarkan pada AG (Aquacy Gap) mendapatkannilai 0,315338, yangartinya kualitas mahasiswa magang tergolong hanya memenuhi harapan minimum pemustaka danbelum melebihi harapan dari pemustaka. Berdasarkan SG (Superiority Gap) mendapatkan nilai -0,60878, yang artinya mahasiswa magang berada di Zone of tolerance atau batas toleransi yangjuga dilihat empati, ketanggapan, jaminan dan keandalan.
|
|
Publisher |
Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-01-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23024
|
|
Source |
Jurnal Ilmu Perpustakaan; Vol 6, No 1 (2017): Januari 2017; 51-60
97980000000 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23024/21094
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Perpustakaan
|
|