Record Details

ANALISIS PENERAPAN KONSEP LEARNING COMMONS PADA LAYANAN AMERICAN CORNER DI UPT PERPUSTAKAAN UIN WALISONGO SEMARANG

Jurnal Ilmu Perpustakaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS PENERAPAN KONSEP LEARNING COMMONS PADA LAYANAN AMERICAN CORNER DI UPT PERPUSTAKAAN UIN WALISONGO SEMARANG
 
Creator Prabandari, Cucuk Senja
Ati, Sri
 
Subject Penerapan Konsep learning commons; Layanan American Corner di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang; Pemanfaatan Konsep learning commons
 
Description Skripsi ini berjudul “Analisis Penerapan Konsep Learning Commons pada Layanan American Corner UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan pemanfaatan konsep learning commons pada Layanan American Corner di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dengan  menggunakan 6 informan. Kriteria informannya adalah pustakawan bagian Layanan American Corner UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang dan pemustaka yang sering memanfaatkan di Layanan American Corner UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis Huberman dan Miles yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi, data display/model data, dan verifikasi/ penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Layanan American Corner di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang sudah melakukan penerapan konsep learning commons. Hal ini ditemukan mirip dengan teorinya Harland (2011) yang dilakukan dengan menggunakan tujuh langkah yaitu, berorientasi kepada pemustaka, mudah disesuaikan, pertanyaan yang berulang-ulang, bekerjasama dengan penyedia informasi, menghapus hambatan, percaya pada pengguna, dan melakukan publikasi. Adapun pemanfaatan Layanan American Corner di UPT Perpustakaan UIN Walisongo Semarang pemustaka banyak yang memanfaatkan untuk hiburan dan belajar.
 
Publisher Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
 
Contributor
 
Date 2016-04-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/msword
 
Identifier https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15303
 
Source Jurnal Ilmu Perpustakaan; Vol 5, No 2 (2016): APRIL 2016; 301-310
97980000000
 
Language eng
 
Relation https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15303/14798
 


www.freevisitorcounters.com