PEMANFAATAN LAYANAN RUMAH BELAJAR MODEREN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN CITRA PERPUSTAKAAN
Jurnal Ilmu Perpustakaan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PEMANFAATAN LAYANAN RUMAH BELAJAR MODEREN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN CITRA PERPUSTAKAAN
|
|
Creator |
Adi, Kevin Christmanaya
Hermintoyo, Hermintoyo |
|
Subject |
layanan rumah belajar moderen; citra perpustakaan; perpustakaan provinsi jawa tengah
|
|
Description |
Perpustakaan pada saat ini sudah mulai berkembang, perpustakaan sudah tidak lagi terpaku padasebuah ruangan yang berisikan buku-buku ataupun majalah. Perpustakaan sekarang sudah mulaimengikuti perkembangan zaman,itu semua dilakukakan agar perpustakaan bisa tetap eksis dalam halmemberikan sebuah jasa layanan informasi. Salah satu hal yang bisa perpustakaan lakukan untuktetap bisa eksis antara lain memperbaiki/memperbanyak layanan yang ada pada perpustakaan, sebablayanan merupakan komoditi utama perpustakaan dari layanan juga lah perpustakaan bisamenciptakan sebuah image/Citra dimata masyarakat pengguna karena hasil akhir dari sebuah layananmerupakan penilaian yang diberikan oleh masyarakat pengguna Berdasarkan hal tersebut,Perpustakaan Provinsi jawa Tengah sebagai salah satu perpustakaan umum yang memiliki banyaklayanan didalamnya seperti layanan sirkulasi, referensi, berkala, fiksi dan layanan Rumah BelajarModeren yang masuk pada kategori layanan anak merupakan perwujudan tekad Perpustakaanprovinsi Jawa Tengah untuk tetap bisa eksis dan mendapatkan citra yang baik dimata masyarakatpengguna. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan salah satu layananyang ada pada Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yaitu Layanan Rumah Belajar Moderen sebagaiupaya membangun citra. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan penelitiankualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen data melalui observasi,wawancara, dan studidokumentasi.Hasil dari penelitian ini memperlihatakan bahwa Layanan Rumah Belajar ModerenProvinsi Jawa Tengah, melalui kegiatan yang ada seperti kursus matematika, bahasa Inggris,menggambar dan menari mampu membuat pengunjung terutama anak merasa tertarik dan nyamansaat berkunjung ke Layanan Rumah Belajar Moderen. Hal itu secara tidak langsung membuat citraperpustakaan dimata masyarakat khususnya orang tua dan anak menjadi positif.
|
|
Publisher |
Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-01-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22826
|
|
Source |
Jurnal Ilmu Perpustakaan; Vol 7, No 1 (2018): Januari 2018; 151-160
97980000000 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22826/20870
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Perpustakaan
|
|