Record Details

PEMANFAATAN LAYANAN RUMAH BELAJAR MODEREN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN CITRA PERPUSTAKAAN

Jurnal Ilmu Perpustakaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMANFAATAN LAYANAN RUMAH BELAJAR MODEREN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN CITRA PERPUSTAKAAN
 
Creator Adi, Kevin Christmanaya
Hermintoyo, Hermintoyo
 
Subject layanan rumah belajar moderen; citra perpustakaan; perpustakaan provinsi jawa tengah
 
Description Perpustakaan pada saat ini sudah mulai berkembang, perpustakaan sudah tidak lagi terpaku padasebuah ruangan yang berisikan buku-buku ataupun majalah. Perpustakaan sekarang sudah mulaimengikuti perkembangan zaman,itu semua dilakukakan agar perpustakaan bisa tetap eksis dalam halmemberikan sebuah jasa layanan informasi. Salah satu hal yang bisa perpustakaan lakukan untuktetap bisa eksis antara lain memperbaiki/memperbanyak layanan yang ada pada perpustakaan, sebablayanan merupakan komoditi utama perpustakaan dari layanan juga lah perpustakaan bisamenciptakan sebuah image/Citra dimata masyarakat pengguna karena hasil akhir dari sebuah layananmerupakan penilaian yang diberikan oleh masyarakat pengguna Berdasarkan hal tersebut,Perpustakaan Provinsi jawa Tengah sebagai salah satu perpustakaan umum yang memiliki banyaklayanan didalamnya seperti layanan sirkulasi, referensi, berkala, fiksi dan layanan Rumah BelajarModeren yang masuk pada kategori layanan anak merupakan perwujudan tekad Perpustakaanprovinsi Jawa Tengah untuk tetap bisa eksis dan mendapatkan citra yang baik dimata masyarakatpengguna. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan salah satu layananyang ada pada Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yaitu Layanan Rumah Belajar Moderen sebagaiupaya membangun citra. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan penelitiankualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen data melalui observasi,wawancara, dan studidokumentasi.Hasil dari penelitian ini memperlihatakan bahwa Layanan Rumah Belajar ModerenProvinsi Jawa Tengah, melalui kegiatan yang ada seperti kursus matematika, bahasa Inggris,menggambar dan menari mampu membuat pengunjung terutama anak merasa tertarik dan nyamansaat berkunjung ke Layanan Rumah Belajar Moderen. Hal itu secara tidak langsung membuat citraperpustakaan dimata masyarakat khususnya orang tua dan anak menjadi positif.
 
Publisher Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
 
Contributor
 
Date 2019-01-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22826
 
Source Jurnal Ilmu Perpustakaan; Vol 7, No 1 (2018): Januari 2018; 151-160
97980000000
 
Language eng
 
Relation https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22826/20870
 
Rights Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Perpustakaan
 


www.freevisitorcounters.com