Record Details

ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN DALAM CITRA LAYANAN SIRKULASI DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Jurnal Ilmu Perpustakaan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN DALAM CITRA LAYANAN SIRKULASI DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS DIPONEGORO
 
Creator Risfatatih, Muhibah
Arfa, Mecca
 
Subject Komunikasi Interpersonal, Pustakawan, Citra Layanan, UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang.
 
Description Skripsi ini berjudul “Analisis Komunikasi Interpersonal Pustakawan dalam Citra Layanan Sirkulasi di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang”. Tujuan dari penelitian ini mengetahui komunikasi interpersonal pustakawan dalam citra layanan sirkulasi.            Desain penelitian ini adalah studi kasus yakni kajian mendalam tentang peristiwa, lingkungan, dan situasi tertentu yang memungkinkan mengungkapkan tentang atau memahami sesuatu dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling,yaitulima belas informan yang terbagi atas informan A dan B. Informan A berasal dari pihak pemustaka sebanyak sebelas orang, dikelompokkan berdasarkan kelompok eksakta dan noneksakta. Informan B dari pihak pustakawan sebanyak empat orang informan untuk mengecek dan membandingkan data dengan informan A.            Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode yang bersifat informatif menggunakan teknik dialogis, dengan menggunakan tahap-tahap model analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan simpulan.            Hasil penelitian komunikasi interpersonal pustakawan di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro dalam kriteria baik. Pemustaka beranggapan bahwa komunikasi interpersonal berperan dalam membentuk citra layanan sirkulasi melalui sikap, perilaku, dan cara pustakawan mengekpresikan diri kepada pemustaka. Aspek yang dinilai kurang dalam pembentukan citra positif yakni dari aspek sikap meliputi sikap afektif, keramahan, kurang komunikatif.
 
Publisher Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
 
Contributor
 
Date 2014-08-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/msword
 
Identifier https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/14836
 
Source Jurnal Ilmu Perpustakaan; Vol 3, No 3 (2014): Agustus 2014; 51-60
97980000000
 
Language eng
 
Relation https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/14836/14354
 


www.freevisitorcounters.com