Pengukuran Tingkat Kematangan Layanan Pengguna Perpustakaan ITS Berbasis Teknologi Informasi (Perpustakaan ITS Menuju WCUL)
JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengukuran Tingkat Kematangan Layanan Pengguna Perpustakaan ITS Berbasis Teknologi Informasi (Perpustakaan ITS Menuju WCUL)
|
|
Creator |
Wahyuni, Davi
Anita Gonti, Yeni Mursidah, Eva Solichah, Adhatus |
|
Subject |
LibQual
COBIT world class university library tingkat kematangan. |
|
Description |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun usulan rekomendasi layanan perpustakaan di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) yang berbasis teknologi informasi (TI) dengan menggunakan framework COBIT. COBIT merupakan sebuah panduan standar untuk praktik manajemen teknologi informasi. COBIT dapat membantu untuk menjembatani gap antara risiko-risiko bisnis, kebutuhan kontrol dan permasalahan-permasalahan teknis. Tingkat kematangan layanan pengguna perpustakaan ITS dianalisa berdasarkan faktor internal dan eksternal melalui wawancara dan penyebaran kuisioner. Indikator kepuasan pengguna diturunkan dengan menggunakan metode LibQual dan COBIT. Pada Libqual indikator kepuasan diturunkan dari pengukuran affect of service dan information control. Indikator kerja yang digunakan pada kerangka kerja COBIT adalah domain DS (delivery support). Selanjutnya hasil dari survey dan wawancara akan dibandingkan dengan kriteria World Class University Library (WCUL) untuk mengetahui kekurangan dari standar pelayanan perpustakaan yang diberikan di perpustakaan pusat ITS. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan ITS memiliki nilai rata-rata tingkat kematangan 3 pada proses yang didefinisikan (defined process). Sedangkan berdasarkan kriteria WCUL, perpustakaan ITS memenuhi 4 item kriteria WCUL dari total 23 item kriteria. 19 item kriteria lainnya sudah diimplementasikan di perpustakaan ITS dengan nilai rata-rata yang hampir mendekati batas nilai untuk kriteria WCUL. Ada beberapa indikator yang digunakan sebagai objek prioritas usulan rekomendasi dalam penelitian ini, yaitu: Keselarasan Strategi (Strategic Alignment), Penyampaian Nilai (Value Delivery), Manajemen Sumber Daya (Resource Management), Manajemen Risiko (Risk Management), dan Pengukuran Kinerja (Performance Measurement).Luaran dari penelitian ini adalah berupa dokumen rekomendasi berdasarkan kelima indikator tersebut.
|
|
Publisher |
Universitas Airlangga
|
|
Date |
2020-07-13
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.unair.ac.id/JPERPUS/article/view/20695
10.20473/jpua.v9i1.2019.11-18 |
|
Source |
JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan; Vol. 9 No. 1 (2019): JANUARI - JUNI 2019; 11-18
2723-0554 2356-1408 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.unair.ac.id/JPERPUS/article/view/20695/11473
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga
|
|