Record Details

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Praja dalam Menggunakan Perpustakaan Institut Pemerintah Dalam Negeri di Jatinangor

JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Praja dalam Menggunakan Perpustakaan Institut Pemerintah Dalam Negeri di Jatinangor
 
Creator Sumiati, Eti
 
Subject Kualitas Pelayanan
Kepuasan Pemustaka
 
Description Pendidikan memiliki peranan penting untuk kemajuan penerus bangsa, termasuk di Indonesia. Perpustakaan merupakan unsurpenting dan tidak mungkin dihilangkan dalam sistem pendidikan. Keinginan yang kuat untuk mewujudkan sebuah perpustakaan yang ideal merupakan kepuasan tersendiri bagi pustakawan. Kepuasan yang dirasakan praja di lingkungan Institut Pemerintah Dalam Negeri Jatinangor adalah menjadi fokus utama pustakawan beserta petugas perpustakaan sebagai titik acuan keberhasilan pemanfaatan perpustakaan. Pentingnya peran bagi pustakawan dan petugas layanan perpustakaan agar dapat bersaing dan merangkul media internet sebagai fasilitas layanan yang dapat disediakan perpustakaan. Berdasarkan hasil observasi, sebagian besar praja di lingkungan Institut Pemerintah Dalam Negeri mengatakan sarana komputer yang disediakan kurang, computer dengan bandwidth kecil dan kurangnya katalog penelusuran koleksi buku di lingkungan Institut Pemerintah Dalam Negeri Jatinangor. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif. Dan data yang dibutuhkan dalam melakukan penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber data penelitian ini bersumber dari informan dan literatur. Kualitas pelayanan sangat berhubungan dengan kepuasan pelanggan yaitu pemustaka. Dalam hal ini penulis menerapkan dimensi-dimensi kualitas pelayanan yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy sebagai faktor yang diduga mampu menumbuhkan kepuasan pemustaka. Hasil analisis menunjukkan bahwa dimensi-dimensi kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan praja sebagai pemustaka perpustakaan Institut Pemerintah Dalam Negeri di Jatinangor. Dimana yang sangat berpengaruh adalah fasilitas yang disediakan perpustakaan sedangkan pelayanan petugas secara masing-masing individu merupakan factor pendukung dalam jalannya administrasi perpustakaan Institut Pemerintah Dalam Negeri di Jatinangor. Hal ini selaras dengan hasil penelitian oleh Rusdi (2017) yang menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan perpustakaan berpengaruh terhadap kepuasan pemustaka.
 
Publisher Universitas Airlangga
 
Date 2020-07-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.unair.ac.id/JPERPUS/article/view/20692
10.20473/jpua.v9i1.2019.1-10
 
Source JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan; Vol. 9 No. 1 (2019): JANUARI - JUNI 2019; 1-10
2723-0554
2356-1408
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.unair.ac.id/JPERPUS/article/view/20692/11472
 
Rights Copyright (c) 2020 Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga
 


www.freevisitorcounters.com