Record Details

KAJIAN KEPUASAN PEMUSTAKA PERPUSTAKAAN TUGU REFORMASI KOTA DUMAI

Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KAJIAN KEPUASAN PEMUSTAKA PERPUSTAKAAN TUGU REFORMASI KOTA DUMAI
 
Creator Al-fatih, Irsyad
Alfatih, Tri Martini
 
Subject Perpustakaan, Layanan Prima
 
Description Abstract
Libraries are required to be able to provide excellent service to be able to provide satisfaction for users. User satisfaction is an important benchmark in the success of a library as a basis and reference in sustainable library development. In this study, we want to reveal how the level of user satisfaction with services at the Tugu Reformasi Library ofDumai City in 2020. This study also aims to determine the level of user satisfaction with the services of theTugu Reformasi Libraryof Dumai City. This study uses a quantitative approach, which is a method to describe a phenomenon or event in a systematic, actual and accurate manner regarding the facts, characteristics and relationships or phenomena being studied through statistical calculations. The data collection method used is a survey, namely by taking a sample from a population using a questionnaire for the main data collection tool. Through this study, it can be concluded that the level of user satisfaction with services at the Tugu Reformasi Library of Dumai City has satisfied and fulfilled the needs of users, although there are still some shortcomings and user dissatisfaction but not significant.
Keyword: Library, Excellent Service
 
Abstrak
Perpustakaandituntut untuk bisa memberikan pelayanan yang prima untukdapatmemberikan kepuasaanbagi pemustaka. Kepuasan pemustaka menjadi tolak ukurpentingdalamkesuksesan sebuah perpustakaan sebagaidasar dan acuan dalam pengembangan perpustakaanberkelanjutan.Dalam kajian iniingindiungkapkan adalah bagaimanamengenai tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan pada Perpustakaan Tugu Reformasi Kota Dumai pada2020. Melaluikajianini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap layanan Perpustakaan Tugu Reformasi Kota Dumai.Kajian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif, yaitu metode untuk mendeskripsikan suatu fenomena atau peristiwa secara sistematis, aktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan atau fenomena yang sedangdikajimelalui perhitungansecara statistik. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah dengan survei, yaitudenganmengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner untuk alat pengumpulan data yang utama. Melaluikajianinidapatditarikkesimpulan bahwa tingkat kepuasanpemustaka terhadaplayanan pada Perpustakaan Tugu Reformasi Kota Dumaitelahmemuaskansertamemenuhi kebutuhanpemustakawalau juga masih terdapat beberapa kekurangan dan ketidakpuasanpemustakanamuntidaksignifikan
 
Publisher Program Studi Diploma Tiga Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang
 
Date 2021-12-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://rjfahuinib.org/index.php/shaut/article/view/482
 
Source Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi; Vol. 13 No. 2 (2021): Shaut Al-Maktabah; 177-193
2614-3801
2339-1456
 
Language eng
 
Relation https://rjfahuinib.org/index.php/shaut/article/view/482/388
 
Rights Copyright (c) 2021 Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi
 


www.freevisitorcounters.com