ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN-PERTANIAN PEMBANGUNAN (SMK-PP) NEGERI KUPANG
Jurnal Perpustakaan Pertanian
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN-PERTANIAN PEMBANGUNAN (SMK-PP) NEGERI KUPANG
|
|
Creator |
Widaryono, Widaryono; erpustakaan Sekolah Menengah Kejuruan-Pertanian Pembangunan Negeri Kupang Jalan Timor Raya KM 39, Fatuleu, Kupang 85001 |
|
Subject |
Kepuasan pemustaka; layanan sirkulasi; indeks kepuasan masyarakat; perpustakaan sekolah
|
|
Description |
Perpustakaan merupakan unit pelayanan jasa nirlaba yang berorientasi kepada pemustaka. Untuk itu perpustakaan dituntut untuk memberikan layanan yang baik, cepat dan tepat yang akan berujung kepada kepuasan pemustaka. Hal tersebut merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan dalam mengelola perpustakaan. Pengkajian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas penyelenggaraan pelayanan publik yang telah dilaksanakan oleh bagian layanan sirkulasi di perpustakaan SMK-PP Negeri Kupang. Pengkajian dilaksanakan di perpustakaan SMK-PP Negeri Kupang dengan metode survei pada 1 Maret - 30 Agustus 2014 dengan sampel sebanyak 150 responden yang diambil secara accidental sampling. Instrumen pengkajian yang dijadikan sebagai sarana pengumpulan data adalah kuesioner yang berisi pernyataan mengenai 14 indikator pelayanan publik. Metode analisis data yang digunakan dalam kajian ini adalah berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian No.78/Permentan/OT.140/8/2013 tentang Pedoman Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat di Lingkungan Kementerian Pertanian. Hasil pengkajian menunjukkan terdapat 3 unsur mutu pelayanan yang mendapat nilai lebih dari 3,26 atau sangat baik meliputi unsur kedisiplinan pelaksana/petugas pelayanan, kepastian jadwal pelayanan serta keamanan pelayanan. Sebelas indikator lainnya menunjukkan mutu pelayanan baik, dengan nilai mutu pelayanan rata-rata di atas 3,10. Berdasarkan analisis data, secara keseluruhan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh bagian layanan sirkulasi di perpustakaan SMK-PP Negeri Kupang mempunyai nilai indeks 79,725 atau mutu pelayanan B, dengan tingkat kualitas pelayanan baik.
|
|
Publisher |
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2016-03-15
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/jpp/article/view/3184
10.21082/jpp.v23n2.2014.p64-73 |
|
Source |
Jurnal Perpustakaan Pertanian; Vol 23, No 2 (2014): october 2014; 64-73
2541-0814 0854-1078 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/jpp/article/view/3184/2738
|
|
Rights |
Copyright (c) 2016 Jurnal Perpustakaan Pertanian
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|