Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Dan Pembayaran Jasa Perbaikan Komputer (Studi Kasus: Cv Mitra Solusi Gresik)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Dan Pembayaran Jasa Perbaikan Komputer (Studi Kasus: Cv Mitra Solusi Gresik) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Putri, Adithia Risma Rara Arwani, Issa Purnomo, Welly Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
CV Mitra Solusi merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa dalam perbaikan komputer, printer, cctv, alat perbankan dan lain-lain. Dalam satu hari CV Mitra Solusi melakukan perbaikan untuk lebih dari sepuluh pelanggan. Tidak jarang, CV Mitra Solusi mengalami kebanjiran penyewaan jasa perbaikan komputer. Hal ini lah yang melatarbelakangi masalah yang ada pada CV Mitra Solusi. Dalam segi eksternal, terkadang banyak pelanggan mengalami keresahan karena tidak mengetahui progress mengenai proses pengerjaan perbaikan yang sedang berlangsung. Selama ini, pelanggan sering kali menanyakan progress perbaikan dan waktu pengambilan hanya melalui telepon. Tentu hal ini dianggap kurang efektif jika jumlah antrian perbaikan padat. Masalah lain yang dihadapi adalah sedikitnya pilihan pembayaran dan pembayaran pun masih manual. Tak jarang pembayaran terhambat karena masalah uang kembalian atau proses konfirmasi pembayaran yang membutuhkan waktu. Penelitian ini mengembangkan sistem monitoring dan pembayaran jasa perbaikan komputer untuk mengatasi masalah tersebut. Pengembangan sistem dilakukan dengan meggunakan metode waterfall dengan 18 use case diagram, 18 activity diagram, 16 sequence diagram, 11 class model class diagram dan 14 class controller class diagram, 19 desain user interface, 9 tabel yang dimodelkan pada Physical Data Model (PDM). Dalam pengimplementasian sistem digunakan DBMS MySQL dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan Laravel 8, sistem terintegrasi dengan payment gateway Midtrans dan Whatsapp API. Terdapat 3 pengujian, Pengujian black-box mendapatkan hasil 100% valid, Compatibility testing mendapatkan hasil sistem telah kompatibel, namun ada beberapa major issues dan minor issues. Hasil dari Usability Testing (NUA) memperoleh nilai akhir sebesar 81% yang berarti sistem sangat layak.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10688 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 3 (2022): Mei 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|