Record Details

Evaluasi User Experience Genre Beat'em Up 2Dimensi(2D) Pada Game PawPawPaw dari Simpleton Studio Menggunakan Metode Game Experience Questionnaire (GEQ)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Evaluasi User Experience Genre Beat'em Up 2Dimensi(2D) Pada Game PawPawPaw dari Simpleton Studio Menggunakan Metode Game Experience Questionnaire (GEQ)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Achmadiarsyi, Ilmam
Brata, Komang Candra
Akbar, Muhammad Aminul
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Simpleton Studio merupakan pengembang game asal Indonesia yang telah merilis beberapa game. Simpleton Studio sedang mengembangkan game terbaru dengan nama PawPawPaw yang memerlukan evaluasi user experience sebelum dirilis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Game Experience Questionnaire dengan instrumen berbasis kuisioner dengan tujuan untuk mengetahui dimensi yang kurang tepat sasaran kepada pengguna. Metode Game Experience Questionnaire ini memiliki 3 modul. Modul pertama adalah Core Module yang menghasilkan nilai rata-rata diatas 3 pada dimensi Competence, Immersion dan Positive Effect dan nilai terendah pada dimensi Negative Effect. Modul kedua adalah Social Presence Module yang menghasilkan nilai rata-rata diatas 3 untuk dimensi Psychological Involvement - Emphaty dan Behavioural Involvement dan nilai terendah pada Psychological Involvement - Negative Feelings. Modul ketiga adalah Post-Game Module yang menghasilkan nilai tertinggi pada dimensi Positive Experience dan nilai terendah pada Negative Experience dan nilai cukup tinggi pada dimensi Tiredness. Dapat disimpulkan user experience dari game PawPawPaw cukup baik namun ada beberapa kendala dikarenakan game mudah dilupakan dan cukup merasakan lelah setelah bermain.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8548
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 2 (2021): Februari 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com