Evaluasi User Experience Genre Beat'em Up 2Dimensi(2D) Pada Game PawPawPaw dari Simpleton Studio Menggunakan Metode Game Experience Questionnaire (GEQ)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi User Experience Genre Beat'em Up 2Dimensi(2D) Pada Game PawPawPaw dari Simpleton Studio Menggunakan Metode Game Experience Questionnaire (GEQ) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Achmadiarsyi, Ilmam Brata, Komang Candra Akbar, Muhammad Aminul Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Simpleton Studio merupakan pengembang game asal Indonesia yang telah merilis beberapa game. Simpleton Studio sedang mengembangkan game terbaru dengan nama PawPawPaw yang memerlukan evaluasi user experience sebelum dirilis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Game Experience Questionnaire dengan instrumen berbasis kuisioner dengan tujuan untuk mengetahui dimensi yang kurang tepat sasaran kepada pengguna. Metode Game Experience Questionnaire ini memiliki 3 modul. Modul pertama adalah Core Module yang menghasilkan nilai rata-rata diatas 3 pada dimensi Competence, Immersion dan Positive Effect dan nilai terendah pada dimensi Negative Effect. Modul kedua adalah Social Presence Module yang menghasilkan nilai rata-rata diatas 3 untuk dimensi Psychological Involvement - Emphaty dan Behavioural Involvement dan nilai terendah pada Psychological Involvement - Negative Feelings. Modul ketiga adalah Post-Game Module yang menghasilkan nilai tertinggi pada dimensi Positive Experience dan nilai terendah pada Negative Experience dan nilai cukup tinggi pada dimensi Tiredness. Dapat disimpulkan user experience dari game PawPawPaw cukup baik namun ada beberapa kendala dikarenakan game mudah dilupakan dan cukup merasakan lelah setelah bermain.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8548 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 2 (2021): Februari 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|