Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Dompet Digital dengan Metode UX Curve (Studi Kasus : OVO)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Dompet Digital dengan Metode UX Curve (Studi Kasus : OVO) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Paramita, Nabila Septa Az-Zahra, Hanifah Muslimah Priharsari, Diah Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Dompet digital adalah sebuah aplikasi elektronik yang ada pada ponsel pintar yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara online. Salah satu contoh aplikasi dompet digital adalah OVO, aplikasi OVO semakin sering digunakan karena adanya pandemi COVID-19 yang mengalihkan masyarakat untuk bertransaksi secara online. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu banyak keluhan - keluhan yang dirasakan oleh pengguna. Maka dari itu, perlu untuk dilakukan penelitian terkait dengan analisis pengalaman pengguna jangka panjang dengan menggunakan metode UX Curve. Metode UX Curve dilakukan dengan pengumpulan data pada kurva yang terdiri dari lima sudut pandang yakni general UX, attractiveness, ease of usage, utility dan degree of use. Pada penelitian ini dihasilkan 70 kurva dari 14 responden yang ada. Dari 70 kurva yang dihasilkan terdapat 25 kurva dengan kategori improving, 29 kurva dengan kategori deteriorating dan 16 kurva dengan kategori stable. Alasan perubahan pengalaman pengguna yang didapatkan dari penelitian ini yaitu sebanyak 366 dengan rata - rata 26.1 yang terdiri dari 20.8 alasan positif dan 5.3 alasan negatif. Alasan yang paling banyak disampaikan oleh responden adalah alasan pada kategori utility yaitu sebanyak 162 yang terdiri dari 138 alasan positif dan 24 alasan negatif dengan rata - rata keseluruhan 11.5 (9.8 positif dan 1.7 negatif, N=14). Hal ini menandakan bahwa aspek yang sangat berpengaruh terhadap perubahan pengalaman pengguna pada aplikasi OVO adalah aspek utility.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9212 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|