Evaluasi dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Aplikasi "cQuran" Menggunakan Metode Usability Testing dan Design Thinking
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Aplikasi "cQuran" Menggunakan Metode Usability Testing dan Design Thinking |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
A'idi, Gilang Nur Fanani, Lutfi Tolle, Herman Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
cQuran merupakan platform mengaji bersama pada perangkat bergerak, yang menyediakan fitur channel suara. Pengguna nantinya dapat membuat channel suara dengan surah pilihan. Melalui channel tersebut pengguna dapat memulai sesi mengaji dengan pengguna lainnya, serta berinteraksi untuk memberikan masukan dari bacaan Al-Qur'an yang diucapkan. Dalam proses pengembangannya aplikasi yang dibuat, tim pengembang belum pernah dilakukan evaluasi terkait dengan pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan aplikasi. Pada penelitian ini dilakukan evaluasi dan dirancang perbaikan untuk meingkatkan pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan aplikasi. Dalam prosesnya digunakan metode Usability Testing dengan 3 aspek yaitu efektifitas, efisiensi, dan kepuasan, serta design thinking dalam proses perancangan solusi perbaikan. Berdasarkan hasil evaluasi tahap pertama diperoleh nilai 67,85% untuk aspek efektifitas, nilai efisiensi sebesar 33,7%, dan skor SUS untuk aspek kepuasan sebesar 69. Berdasarkan hasil evaluasi tahap pertama ditemukan 17 poin rekomendasi perbaikan yang didasarkan pada hasil observasi dan juga wawancara. Berdasarkan rekomendasi perbaikan tersebut dirancang perbaikan untuk aplikasi cQuran dan setelah melakukan pengujian tahap dua diperoleh nilai efektifitas sebesar 92%, aspek efisiensi sebesar 76%, dan skor SUS untuk aspek kepuasan sebesar 75. Berdasarkan hasil pengujian dengan metode student t-test, menunjukkan apabila peningkatan nilai usabilitas yang diperoleh benar-benar terjadi. Adanya peningkatan nilai efisiensi yang sangat tinggi yaitu 42,3%, dapat terjadi setelah penambahan alur onboarding screen serta pemberian tooltips tutorial. Kedua flow tersebut memungkinkan pengguna untuk mempelajari fitur dan tata letak rancangan solusi yang baru.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9441 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 7 (2021): Juli 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|