Record Details

Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Multimedia pada Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dan Discovery Learning pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 2 Singosari Malang

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Multimedia pada Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dan Discovery Learning pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 2 Singosari Malang
 
Added Entry - Uncontrolled Name Putri, Salma Berliana
Herlambang, Admaja Dwi
Afirianto, Tri
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Pemahaman konsep pada saat kegiatan belajar sangatlah penting, karena akan mempengaruhi penerimaan terhadap materi selanjutnya dan hasil belajar yang berdampak pada keterampilan. Hasil belajar siswa yang kurang maksimal juga terjadi pada siswa kelas X di SMKN 2 Singosari Malang pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Penyebab kurang maksimalnya hasil belajar dikarenakan siswa yang terbebani pada mata pelajaran dengan materi yang konseptual. Untuk memaksimalkan pemahaman materi dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design dan Model Pembelajaran Discovery Learning serta untuk mengetahui adakah peningkatan nilai sesudah menggunakan kedua model pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen dengan jumlah sampel 50 peserta didik. Data yang diperoleh dan telah diolah dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar yaitu diperoleh dari nilai Lavene's Test tidak signifikan, karena p = 0,632 > 0,05 yang artinya varians dalam kedua kelompok sama. Selanjutnya, melihat nilai Sig.(2-tailed) pada baris pertama, yaitu 0,856 > 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara antara kelas dengan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design dan Model Pembelajaran Discovery Learning.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10147
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 11 (2021): November 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com