Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Multimedia pada Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dan Discovery Learning pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 2 Singosari Malang
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Multimedia pada Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dan Discovery Learning pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 2 Singosari Malang |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Putri, Salma Berliana Herlambang, Admaja Dwi Afirianto, Tri Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Pemahaman konsep pada saat kegiatan belajar sangatlah penting, karena akan mempengaruhi penerimaan terhadap materi selanjutnya dan hasil belajar yang berdampak pada keterampilan. Hasil belajar siswa yang kurang maksimal juga terjadi pada siswa kelas X di SMKN 2 Singosari Malang pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Penyebab kurang maksimalnya hasil belajar dikarenakan siswa yang terbebani pada mata pelajaran dengan materi yang konseptual. Untuk memaksimalkan pemahaman materi dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design dan Model Pembelajaran Discovery Learning serta untuk mengetahui adakah peningkatan nilai sesudah menggunakan kedua model pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen dengan jumlah sampel 50 peserta didik. Data yang diperoleh dan telah diolah dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar yaitu diperoleh dari nilai Lavene's Test tidak signifikan, karena p = 0,632 > 0,05 yang artinya varians dalam kedua kelompok sama. Selanjutnya, melihat nilai Sig.(2-tailed) pada baris pertama, yaitu 0,856 > 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara antara kelas dengan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design dan Model Pembelajaran Discovery Learning.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10147 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 11 (2021): November 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|