Analisis Perbandingan Tiga Metode Evaluasi Usability Dalam Mencari Permasalahan Usability (Studi Kasus: Aplikasi Situbondo Tera')
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Analisis Perbandingan Tiga Metode Evaluasi Usability Dalam Mencari Permasalahan Usability (Studi Kasus: Aplikasi Situbondo Tera') |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Umam, Farid Khatibul Ramdani, Fatwa Wijoyo, Satrio Hadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Situbondo Tera' merupakan aplikasi portal Pemerintahan Kabupaten Situbondo yang bisa diakses oleh masyarakat. Berdasarkan percobaan peneliti dan wawancara kepada pengembang, aplikasi belum berjalan optimal dan diketahui bahwa aplikasi belum pernah dilakukan evaluasi usability. Penelitian ini menggunakan 3 metode yaitu Usability Testing, Cognitive Walkthrough, dan Heuristic Evaluation untuk menemukan permasalahan usability dan melihat perbandingan masalah yang didapat dari setiap metode. Penelitian menggunakan responden berjumlah 10 orang pada Usability Testing, 10 orang pada Cognitive Walkthrough, dan 3 expert pada Heuristic Evaluation. Hasil analisis ditemukan total 41 permasalahan. Metode Usability Testing menemukan 27% dari total permasalahan dengan rata-rata temuan 2,4 masalah per responden. Metode Cognitive Walkthrough menemukan 29% dari total permasalahan dengan rata-rata temuan 3,7 masalah per responden. Metode Heuristic Evaluation menemukan 44% dari total permasalahan dengan rata-rata temuan 8 masalah per evaluator. Ditemukan 8 permasalahan yang sama dan hampir semuanya muncul pada 3 metode sekaligus sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus. Metode Usability Testing mendapatkan nilai rata-rata effectiveness 95%, efficiency 88,32%, dan satisfaction 5,76 dari skala 7. Pada metode Cognitive Walkthrough permasalahan yang sering muncul bersifat ringan dan terbanyak berasal dari jenis masalah Text and Icon (T) dan User (U). Metode Heuristic Evaluation menemukan permasalahan yang tersebar pada seluruh 9 prinsip heuristik.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8533 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 2 (2021): Februari 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|