Record Details

Evaluasi User Experience Game Raft menggunakan Metode Game Experience Questionnaire (GEQ)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Evaluasi User Experience Game Raft menggunakan Metode Game Experience Questionnaire (GEQ)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Madana, Darmadani Kyat
Jonemaro, Eriq Muhammad Adams
Az-Zahra, Hanifah Muslimah
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Raft adalah game survival yang dikembangkan oleh Redbeet Interactive dan Axolot Games saat masih dalam tahap Early Access. Oleh karena itu, game tersebut memerlukan evaluasi pengalaman pengguna sebelum mencapai tahap akhir pengembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Game Experience Questionnaire, instrumen berbasis kuesioner yang bertujuan untuk mengukur pengalaman pengguna dalam bermain game. Kuesioner tersebut memiliki 3 modul. Modul pertama adalah Core Module dengan nilai rata-rata 3 pada dimensi Competence (M = 2.99, SD = 1.05175), Immersion (M = 3, SD = 1.03061), dan Positive Effect (M = 3.1, SD = 1.019152) sedangkan nilai terendah terdapat pada dimensi Negative Effect (M = 0.9875, SD = 1.293767) and Tension (M = 0.817, SD = 1.38392). Modul kedua adalah Social Presence Module namun tidak digunakan untuk penelitian ini karena modul ini lebih diutamakan untuk game yang membutuhkan banyak pemain. Para responden hanya akan memainkan game dalam singleplayer untuk tujuan penelitian ini. Modul ketiga adalah Post-Game Module dengan nilai tertinggi pada dimensi Positive Experience (M = 2.6833, SD = 1.07958) sedangkan nilai terendah pada dimensi Negative Experience (M = 0.60, SD = 1.00536). Hasil pengalaman pengguna game Raft bernilaikan baik. Namun, ada beberapa masalah yang muncul dan tidak mempengaruhi gameplay sepenuhnya karena sifatnya minor.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9995
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 10 (2021): Oktober 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com