Evaluasi User Experience Game Raft menggunakan Metode Game Experience Questionnaire (GEQ)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Evaluasi User Experience Game Raft menggunakan Metode Game Experience Questionnaire (GEQ) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Madana, Darmadani Kyat Jonemaro, Eriq Muhammad Adams Az-Zahra, Hanifah Muslimah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Raft adalah game survival yang dikembangkan oleh Redbeet Interactive dan Axolot Games saat masih dalam tahap Early Access. Oleh karena itu, game tersebut memerlukan evaluasi pengalaman pengguna sebelum mencapai tahap akhir pengembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Game Experience Questionnaire, instrumen berbasis kuesioner yang bertujuan untuk mengukur pengalaman pengguna dalam bermain game. Kuesioner tersebut memiliki 3 modul. Modul pertama adalah Core Module dengan nilai rata-rata 3 pada dimensi Competence (M = 2.99, SD = 1.05175), Immersion (M = 3, SD = 1.03061), dan Positive Effect (M = 3.1, SD = 1.019152) sedangkan nilai terendah terdapat pada dimensi Negative Effect (M = 0.9875, SD = 1.293767) and Tension (M = 0.817, SD = 1.38392). Modul kedua adalah Social Presence Module namun tidak digunakan untuk penelitian ini karena modul ini lebih diutamakan untuk game yang membutuhkan banyak pemain. Para responden hanya akan memainkan game dalam singleplayer untuk tujuan penelitian ini. Modul ketiga adalah Post-Game Module dengan nilai tertinggi pada dimensi Positive Experience (M = 2.6833, SD = 1.07958) sedangkan nilai terendah pada dimensi Negative Experience (M = 0.60, SD = 1.00536). Hasil pengalaman pengguna game Raft bernilaikan baik. Namun, ada beberapa masalah yang muncul dan tidak mempengaruhi gameplay sepenuhnya karena sifatnya minor.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9995 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 10 (2021): Oktober 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|