Penerapan Design, Dynamics, Experience (DDE) Framework Pada Perancangan Gim Bermain Peran Karma
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Penerapan Design, Dynamics, Experience (DDE) Framework Pada Perancangan Gim Bermain Peran Karma |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Nadhifah, Darin Jonemaro, Eriq Muhammad Adams Wardhono, Wibisono Sukmo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Gim bermain peran merupakan salah satu jenis video gim yang banyak diminati oleh orang-orang. Dengan melimpah cerita yang disediakan, pemain dapat berinteraksi lebih bebas dalam memainkan gim berjenis ini. Dalam penyusunan gim ini juga ada banyak jenis framework-nya, tergantung desainer nya ingin mencapai target apa ketika gim tersebut dirilis dan mulai dimainkan. Salah satu framework yang paling terkenal dan paling banyak diterapkan adalah Mechanic, Dynamic, Aesthetic (MDA). Framework ini dapat digunakan disemua jenis video gim, sehingga terkadang banyak aspek yang terlewat dalam perancangannya. Oleh karena itu, dalam proyek skripsi ini, perancangan gim bermain peran menggunakan framework baru yang mendukung desainer untuk bisa mengeksploitasi aspek pengalaman dari para pemain dalam perancangan desain gim bermain peran. Gim bermain peran karma dirancang menggunakan framework DDE (Design, Dynamic, Experience) dan diimplementasikan dalam bahasa GameMakerLanguage dalam mesin permainan video GameMaker Studio 2. Pengerjaan gim karma dikerjakan menggunakan model proses Iterative and Rapid Prototyping. Dari proses mendesain yang masuk dalam tahapan ‘Design' dalam DDE dan uji coba kepada tester masuk dalam tahapan ‘Experience'. Tahapan ‘Dynamic' ada untuk menjembatani tahapan ‘Design' dan tahapan ‘Experience'. Hasil didapatkan ketika desainer dapat memenuhi kepuasan para tester.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7046 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 3 (2020): Maret 2020 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|