Record Details

Penerapan Design, Dynamics, Experience (DDE) Framework Pada Perancangan Gim Bermain Peran Karma

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Penerapan Design, Dynamics, Experience (DDE) Framework Pada Perancangan Gim Bermain Peran Karma
 
Added Entry - Uncontrolled Name Nadhifah, Darin
Jonemaro, Eriq Muhammad Adams
Wardhono, Wibisono Sukmo
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Gim bermain peran merupakan salah satu jenis video gim yang banyak diminati oleh orang-orang. Dengan melimpah cerita yang disediakan, pemain dapat berinteraksi lebih bebas dalam memainkan gim berjenis ini. Dalam penyusunan gim ini juga ada banyak jenis framework-nya, tergantung desainer nya ingin mencapai target apa ketika gim tersebut dirilis dan mulai dimainkan. Salah satu framework yang paling terkenal dan paling banyak diterapkan adalah Mechanic, Dynamic, Aesthetic (MDA). Framework ini dapat digunakan disemua jenis video gim, sehingga terkadang banyak aspek yang terlewat dalam perancangannya. Oleh karena itu, dalam proyek skripsi ini, perancangan gim bermain peran menggunakan framework baru yang mendukung desainer untuk bisa mengeksploitasi aspek pengalaman dari para pemain dalam perancangan desain gim bermain peran. Gim bermain peran karma dirancang menggunakan framework DDE (Design, Dynamic, Experience) dan diimplementasikan dalam bahasa GameMakerLanguage dalam mesin permainan video GameMaker Studio 2. Pengerjaan gim karma dikerjakan menggunakan model proses Iterative and Rapid Prototyping. Dari proses mendesain yang masuk dalam tahapan ‘Design' dalam DDE dan uji coba kepada tester masuk dalam tahapan ‘Experience'. Tahapan ‘Dynamic' ada untuk menjembatani tahapan ‘Design' dan tahapan ‘Experience'. Hasil didapatkan ketika desainer dapat memenuhi kepuasan para tester.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7046
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 3 (2020): Maret 2020
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com