Perancangan User Experience Aplikasi Presensi Mobile Menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Universitas Kadiri)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan User Experience Aplikasi Presensi Mobile Menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: Universitas Kadiri) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Sutiknyo, Yudhistira Kurniawan Az-Zahra, Hanifah Muslimah Perdanakusuma, Andi Reza Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Universitas Kadiri merupakan universitas swasta di Kota Kediri. Saat ini sistem presensi di Universitas Kadiri masih dilakukan secara manual. Sistem presensi secara manual memiliki beberapa kekurangan, yaitu mudahnya mahasiswa melakukan titip absen dan terdapat peluang kesalahan rekapitulasi data kehadiran. Dari pemasalah tersebut penulis memberikan sebuah solusi dengan membuat rancangan presensi mobile. Sehingga dengan adanya rancangan tersebut, dapat mempermudah dosen, mahasiswa, maupun staff akademik dalam proses pelaksanaan presensi maupun rekapitulasi data, serta meminimalisir tindakan titip absen. Proses perancangan dilakukan dengan pendekatan pembuatan user experience menggunakan metode human-centered design dan elements of user experience. Metode human-centered design terdiri dari empat tahapan pendekatan, yaitu menspesifikan konteks penggunaan, menspesifikan kebutuhan, rancangan design aplikasi, dan evaluasi desain. Proses pengukuran usability prototype menggunakan metode evaluasi heuristic mengikuti sepuluh prinsip heuristik usability. Berdasarkan hasil evaluasi diketahui terdapat 18 permasalahan pada prototype, yaitu H1 terkait Visibiliy of System Status, H2 terkait Match Between System and The Real World, H3 terkait User Control and Freedom, H4 terkait Consistency and Standards, H5 terkait Error Prevention, H6 terkait Recognition rathen than recall, H8 terkait Aesthetic and Minimalist, dan H9 terkait Help users recognize, diagnose, and recover from errors. Permasalahan dengan nilai rata-rata tertinggi adalah permasalahan dengan kode U5-1, yaitu masalah karena tidak adanya jendela konfirmasi untuk submit presensi.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9060 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 4 (2021): April 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|