Perancangan UX Aplikasi Pembelajaran Pemanfaatan Smartphone untuk Optimalisasi Foto dan Video menggunakan Metode Human-Centered Design
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Perancangan UX Aplikasi Pembelajaran Pemanfaatan Smartphone untuk Optimalisasi Foto dan Video menggunakan Metode Human-Centered Design |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Nasution, Angel Anggina Dewi, Ratih Kartika Brata, Komang Candra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Teknologi digital yang terus berkembang berdampak pada meningkatnya pengguna smartphone di Indonesia dikarenakan kemudahan penggunaannya. Berdasarkan data yang diperoleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, pengguna smartphone di Indonesia mencapai 167 juta orang atau 89% dari total penduduk pada tahun ini. Perkembangan teknologi digital ditambah dengan adanya pandemi Covid-19 menjadi faktor penting yang mendorong para pengusaha UMKM untuk melakukan penyesuaian diri. Pada saat memasarkan produk secara digital, pengolahan foto dan video menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Penggunaan smartphone dapat menjadi pilihan yang mudah dan tepat bagi para pengusaha UMKM dalam mengolah foto dan video produk atau jasa mereka untuk meningkatkan minat konsumen. Namun tidak jarang pengusaha UMKM mengalami kesulitan saat mengolah foto dan video produk mereka. Sehingga pada penelitian ini dilakukan perancangan user experience yang dapat membantu para pengusaha UMKM dalam memanfaatkan smartphone yang mereka miliki untuk mengoptimalkan kualitas foto dan video produk mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Human-Centered Design, dikarenakan metode ini umumnya digunakan untuk mengembangkan sistem interaktif yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan memperhatikan kondisi pengguna. Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa high-fidelity prototype, yang digunakan untuk melakukan pengujian usability dan user experience. Hasil pengujian usability yang didapatkan adalah sebesar 85,71% pada aspek efektivitas dengan metrik completion rate, 0,059 goals/sec pada aspek efisiensi dengan metrik time based efficiency, dan 84,5 yang termasuk grade B, adjective rating Excellent, kategori acceptable pada aspek kepuasan menggunakan kuisioner System Usability Scale (SUS). Sedangkan hasil pengujian user experience menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukkan nilai sebesar 2,09 untuk aspek attractiveness, 1,93 untuk aspek perspicuity, 1,94 untuk aspek efficiency, 1,66 untuk aspek dependability, 2,04 untuk aspek stimulation, dan 1,54 untuk aspek novelty.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10598 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 2 (2022): Februari 2022 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|