Record Details

Evaluasi User experience Pada Aplikasi Mobile Asphalt 9: Legends Menggunakan Cognitive Walkthrough dan Heuristic Evaluation

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Evaluasi User experience Pada Aplikasi Mobile Asphalt 9: Legends Menggunakan Cognitive Walkthrough dan Heuristic Evaluation
 
Added Entry - Uncontrolled Name Fahrurrozi, Ahmad
Wijoyo, Satrio Hadi
Fanani, Lutfi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Asphalt 9: Legends adalah game balap yang menampilkan deretan mobil-mobil super canggih untuk dimainkan dengan grafis lebih jernih. Aplikasi game Asphalt 9: Legends memiliki jumlah pengguna mencapai 10 juta, namun pada game ini ditemukan permasalahan yang diperoleh dari responden seperti fungsi  pada game yaitu adanya restart dan setting fitur  yang sulit ditemukan pengguna. Berdasarkan observasi oleh penulis, terdapat beberapa permasalah game Asphalt 9: Legends seperti Hidden dimana kejelasan simbol menunjukkan fungsi fitur, serta Feedback dimana sistem tak nyediakan mode fungsi touchdrive untuk main tak adanya timbal balik antara sistem dan pengguna. Penelitian ini tujuan ngevaluasi users interface game pada objek Asphalt 9: Legends dengan gunakan metode cognitive walkthrough dan heuristic evaluation. Penelitian dengan metode Cognitive Walkthrough melibatkan 4 responden pengguna baru game untuk Asphalt 9: Legends, sedangkan metode pada heuristic evaluation melibatkan 9 evaluator expert. Hasil penelitian dengan metode pada cognitive walkthrough bahwa game pada Asphalt 9: Legends cukup punya masalah terbanyak antara users dan hidden. Evaluasi gunakan metode pada Heuristic menunjukkan bahwa game Asphalt 9: Legends  terdapat 26 permasalahan usability, dimana adanya prinsip pada MA01 (visibility of system status) punya jumlah masalah paling banyak dengan sebesarnya persentase 30.7%, sedangkan untuk rata jumlah nilai severity rating teratas ada diprinsip MA03 (users control and freedom) sebesar 2.63.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6319
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 3 No 9 (2019): September 2019
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com