Record Details

Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku pengguna Messenger ABC dalam Penerimaan Informasi pada Lembaga XYZ dengan Menggunakan The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku pengguna Messenger ABC dalam Penerimaan Informasi pada Lembaga XYZ dengan Menggunakan The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Hikmah, Ami Fajar
Kusyanti, Ari
Perdanakusuma, Andi Reza
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Internet merupakan salah satu teknologi informasi yang dapat memudahkan pengguna dalam mencari informasi serta melakukan komunikasi dengan pengguna lain. Salah satu layanan dari internet adalah instant messenger atau pesan instan. Pesan instan yang banyak digunakan saat ini adalah messengger ABC. Messengger ABC merupakan aplikasi instant messaging yang memberikan layanan berkirim pesan, telepon dan juga video secara gratis. Salah satu pengguna messengger ABC adalah Lembaga XYZ. Lembaga XYZ adalah lembaga eksekutif yang berada di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Pada penggunaan messengger ABC dilembaga XYZ tidak terlepas dari masalah, salah satu masalahnya adalah bukti percakapan penting yang kemudian di screenshoot oleh pengguna lain dan hasil dari percakapan tersebut disebarkan kepada pengguna lainnya pula. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan variabel dependen serta mengatahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi pengguna messengger ABC dalam penerimaan informasi dilembaga XYZ. Penelitian ini menggunakan The Unified Theory Of Acceptance and Use Of Technology (UTAUT) yang dikembangkan oleh Venkatesh et al. (2003) dengan analisis regresi linear. Sampel data yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden melalui kuesioner online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Effort Expectancy, Social Influence, Trust dan Privacy  memengaruhi niat perilaku pengguna (Behavioral Intention) dalam penerimaan informasi. Terdapat dua faktor yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat perilaku pengguna yaitu Performance Expectancy dan Faciliting Condition.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1181
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 2 No 4 (2018): April 2018
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2017 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com