Record Details

Analisis Usability Aplikasi Perangkat Bergerak Jual Beli Online dengan Model People At The Center of Mobile Application Development (PACMAD) (Studi Kasus : Tokopedia, Bukalapak dan Shopee)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis Usability Aplikasi Perangkat Bergerak Jual Beli Online dengan Model People At The Center of Mobile Application Development (PACMAD) (Studi Kasus : Tokopedia, Bukalapak dan Shopee)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Fauzi, Nafilah
Az-Zahra, Hanifah Muslimah
Kharisma, Agi Putra
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Adanya aplikasi mobile e-commerce, semakin memudahkan transaksi jual beli secara online. Sekitar 95% pembeli mengkaji suatu produk atau layanan melalui ponsel. Aplikasi Shopee memimpin sebagai aplikasi popular nomor satu pada Google AppStore kategori free dan shopping, disusul oleh Tokopedia pada peringkat ke-2 dan Bukalapak pada peringkat ke-4. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah pengguna aplikasi memilih aplikasi berdasarkan usability ataukah faktor lain. People At The Center of Mobile Application Development (PACMAD) usability model mengidentifikasi 7 atribut yang mencerminkan kegunaan aplikasi : effectiveness, efficiency, satisfaction, learnability, memorability, errors dan cognitive load. Metode PACMAD cocok untuk menyelesaikan permasalahan dengan sentimen review pengguna aplikasi mobile. Capaian nilai usability yang didapat oleh Tokopedia, Bukalapak dan Shopee mengalami peningkatan yang rata pada aspek efficiency. Pada aspek effectiveness hanya Bukalapak yang mengalami peningkatan, sedangkan Tokopedia dan Shopee mengalami penurunan. Aspek learnability menghasilkan nilai yang sejalan dengan aspek effectiveness. Nilai aspek memorability didapatkan sejalan dengan kombinasi perbandingan nilai effectiveness dan efficiency. Nilai SUS score aplikasi Shopee mendapatkan nilai sebesar 73,75, sedangkan nilai capaian Tokopedia sebesar 65,83 dan Bukalapak sebesar 67,92. Shopee mendapat NASA-RTLX score sebesar 8,2 disusul oleh Tokopedia sebesar 6,69 dan Bukalapak dengan nilai 5,35 untuk penilaian aspek cognitive load yang mengindikasikan beratnya tuntutan penggunaan aplikasi.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4728
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 3 No 3 (2019): Maret 2019
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com