Record Details

Implementasi Real-Time Dynamics Lighting dan Soft Shadow pada Lingkungan Game 2-Dimensi (Studi Kasus Game Wipe-It-Off)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Implementasi Real-Time Dynamics Lighting dan Soft Shadow pada Lingkungan Game 2-Dimensi (Studi Kasus Game Wipe-It-Off)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Robinsyah, Muhammad Dikri
Jonemaro, Eriq Muhammad Adams
Afirianto, Tri
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Pertumbuhan industri game berawal dari berkembangnya game 2-dimensi. Namun pada perkembangannya game 2-dimensi mulai kalah dengan game 3-dimensi. Sedangkan game 2-dimensi memiliki kelebihan yaitu biaya pembuatan yang lebih murah dan proses pengerjaan yang lebih singkat dari pada game 3-dimensi. Dengan menambahkan metode real-time dynamics lighting dan soft shadow diharapkan dapat meningkatkan nilai dari game 2-dimensi itu sendiri. Oleh karena itu pada proyek skripsi ini diimplementasikan metode tersebut pada lingkungan game 2-dimensi dengan studi kasus Game Wipe-It-Off. Metode real-time dynamics lighting dan soft shadow diimplementasikan dengan menggunakan Graphic API OpenGL, Bahasa C++, dan GLSL. Dari performance testing didapatkan informasi mengenai frame rate, frame time, penggunaan CPU, dan penggunaan memori pada game yang menggunakan metode dan tidak menggunakan metode memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Sehingga tidak banyak mempengaruhi performa dari game tersebut. Oleh karena itu penggunaan metode tersebut sangatlah disarankan untuk menambah nilai dari game tanpa harus mengorbankan performa game. Selain itu implementasi metode tersebut tidak terdapat indikasi terjadinya kebocoran memori, dimana penggunaan memori memiliki nilai yang stabil dengan selisih antara penggunaan memori terbesar dan terkecil adalah 790528 bytes.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/3601
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 2 No 12 (2018): Desember 2018
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2018 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com