Record Details

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Website Learning Management System (LMS) dengan Metode Goal-Directed Design (Studi Kasus: Dojobox Bootcamp Academy)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Website Learning Management System (LMS) dengan Metode Goal-Directed Design (Studi Kasus: Dojobox Bootcamp Academy)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Musila, Jonathan Frelispradana
Kharisma, Agi Putra
Al Huda, Fais
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Dojobox Bootcamp Academy merupakan salah satu pelatihan intensif untuk bidang kerja Software Quality Assurance (SQA) yang sudah berjalan satu angkatan. Dari kelas yang sudah berjalan, ditemukan beberapa masalah di antaranya adalah kesulitan penyesuaian waktu antara peserta dengan kelas, koneksi internet tidak stabil, dan kesulitan dalam menyesuaikan tempo pembelajaran. Maka dari itu, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat diakses secara lebih fleksibel agar peserta dapat mengakses konten pembelajaran dimanapun dan kapanpun. Hal ini sejalan dengan keinginan pemangku kepentingan untuk membuat learning management system (LMS) sebagai bahan untuk melakukan branding terhadap Dojobox Bootcamp Academy. Dalam penelitian ini, Goal-Directed Design digunakan sebagai pendekatan untuk menghubungkan antara kebutuhan, keinginan pengguna dan tujuan organisasi. Hasil akhir dari ini berupa interactive prototype dengan high-fidelity design. Rancangan tersebut dievaluasi dengan menggunakan pengujian kualitatif dan kuantitatif. Pengujian kualitatif dilakukan dengan menggunakan user testing dan mendapatkan 30 umpan balik perbaikan interaksi dan antarmuka. Pengujian kualitatif dilakukan dengan menggunakan user experience questionnaire (UEQ) dan menghasilkan rata-rata, sebagai berikut: skala attractiveness dengan angka 1,32 (above average), skala perspicuity dengan angka 2,02 (excellent), skala efficiency dengan angka 1,86 (good), skala dependability dengan angka 1,52 (good), skala stimulation dengan angka 1,54 (good), dan skala novelty dengan angka 1,25 (good).
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10986
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 5 (2022): Mei 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com