Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Materi Laju Reaksi di Tingkat SMA (Studi Pada SMA Brawijaya Smart School Malang)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Materi Laju Reaksi di Tingkat SMA (Studi Pada SMA Brawijaya Smart School Malang) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Christian, Ignatius Chandra Supianto, Ahmad Afif Rokhmawati, Retno Indah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Salah satu materi sulit ditingkat SMA adalah Laju Reaksi, karena siswa perlu memahami faktor-faktor Laju Reaksi yang sulit jika hanya dijelaskan secara verbal tanpa diikuti praktik. Kendalanya adalah mempraktekkan pengaruh Laju Reaksi memerlukan waktu dan usaha. Buku pembelajaran dianggap kurang merepresentasikan faktor-faktor Laju Reaksi secara efektif. Guru juga kesulitan mengetahui kesenjangan pemahaman antar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan aplikasi media pembelajaran yang dapat membantu guru memperagakan materi Laju Reaksi, mengetahui tingkat pemahaman murid, mudah diakses dan menarik minat siswa dalam belajar. Metodologi dalam penelitian menggunakan Extreme Programming (XP) dengan tujuan mencakup seluruh kebutuhan maupun perubahan kebutuhan pengguna. Perancangan aplikasi dibuat berorientasi objek dengan menggunakan pola perancangan Model-View-Controller (MVC). Proses implementasi aplikasi dilakukan dengan menggunakan framework Codeigniter. Selanjutnya, aplikasi yang dikembangkan diuji menggunakan metode Basis-Path Testing dan Compatibility Testing untuk mengetahui tingkat keberhasilan implementasi serta User Acceptance Testing untuk mengetahui penerimaan pengguna terhadap aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi media pembelajaran Laju Reaksi berbasis website dapat mengakomodasi kebutuhan serta mudah digunakan oleh guru maupun siswa. Metodologi Extreme Programming (XP) cukup cocok untuk mencakup seluruh kebutuhan namun untuk segmentasi media pembelajaran kurang cocok sebab perubahan lebih terjadi pada aspek antarmuka.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5854 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 3 No 7 (2019): Juli 2019 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|