Optimasi Collision Detection Pada 2D Spaceship Game Menggunakan Metode Quadtree
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Optimasi Collision Detection Pada 2D Spaceship Game Menggunakan Metode Quadtree |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Wicaksono, Andhi Indra Lestya Jonemaro, Eriq Muhammad Adams Akbar, Muhammad Aminul Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Permainan video 2D Spaceship merupakan permainan klasik yang dapat dimainkan sejak jaman Gameboy, Game ber-genre spaceship ini masih populer di kalangan semua umur, pada 2D spaceship game ini, player atau pemain diberi objektif untuk menghindari obstacle hingga mengalahkan NPC. Game ber-genre ini memerlukan sebuah collision detection, sebuah algoritma untuk mengetahui bertabrakannya 2 objek, seperti peluru dengan NPC atau player dengan NPC atau juga peluru dengan obstacle. Metode yang digunakan untuk memeriksa pertumpukan antara 2 objek dalam penelitian ini adalah menggunakan quadtree, yaitu metode pemisahan area pada game yang bertujuan untuk memfokuskan collision detection pada area tertentu saja, metode ini berjalan ketika ada 2 objek yang bisa bertumpukan berada pada 1 node (area) yang sama, jika pada suatu area tidak ada 2 objek yang dapat bertumpukan, metode collision detection tidak akan bekerja, Quadtree lebih optimal daripada metode collision detection yang langsung diterapkan kedalam game (Bruteforce) karena deteksi pertumpukannya ke semua wilayah sekaligus yang menyebabkan metode dengan quadtree menggunakan resource lebih sedikit dan frame per second naik saat dimainkan, hasil dari pengujian menyatakan bahwa algoritma Quadtree mampu mendobrak FPS menjadi lebih tinggi, rata-rata FPS jika menggunakan bruteforce tercatat sebesar 70,06 FPS sedangkan rata rata FPS dengan menggunakan Quadtree bisa mencapai 268,1 FPS
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6224 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 3 No 9 (2019): September 2019 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|