Record Details

Evaluasi User Experience Pada Edmodo Dan Google Classroom Menggunakan Technique for User Experience Evaluation in E-Learning (TUXEL) (Studi Pada SMKN 5 Malang)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Evaluasi User Experience Pada Edmodo Dan Google Classroom Menggunakan Technique for User Experience Evaluation in E-Learning (TUXEL) (Studi Pada SMKN 5 Malang)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Nurhayati, Dini
Az-Zahra, Hanifah Muslimah
Herlambang, Admaja Dwi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman pengguna pada Edmodo, Google Classroom, dan membandingkan user experience kedua e-learning tersebut. Serta pemberian rekomendasi terhadap penggunaan Edmodo dan Google Classroom. Untuk itu, maka dilakukannya evaluasi user experience menggunakan Technique for User eXperience Evaluation in e-Learning (TUXEL) yang didalamnya terdapat tiga aspek yaitu, general usability, pedagogical usability, dan user experience. Lokasi penelitian dilakukan di SMKN 5 Malang sebagai tempat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), dengan responden sebanyak 24 siswa SMKN 5 Malang. Hasil dari penelitian ini pada aspek general usability, Edmodo ditemukan 9 permasalahan dan Google Classroom 12 permasalahan. Pada aspek pedagogical usability, Edmodo ditemukan 13 permasalahan, dan Google Classroom 15 permasalahan. Pada aspek user experience, Edmodo mengindikasikan kode sebagai berikut: (1) mendukung; (2) membingungkan; (3) rumit. Sedangkan untuk Google Classroom, mengindikasikan kode berikut: (1) praktis; (2) menyenangkan; (3) tidak memenuhi ekspektasi; (4) membingungkan. Simpulan yang dapat dirumuskan adalah, Edmodo cocok diterapkan untuk proses pembelajaran yang menggunakan e-learning sepenuhnya, sedangkan Google Classroom lebih cocok digunakan sebagai penunjang/ pelengkap pembelajaran.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5025
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 3 No 4 (2019): April 2019
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com