Record Details

Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Layanan Premium Berbasis Web (Studi Kasus : PT. PLN Distribusi Jakarta Raya)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Layanan Premium Berbasis Web (Studi Kasus : PT. PLN Distribusi Jakarta Raya)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Ardiyansyah, Muhammad Rifat
Rusdianto, Denny Sagita
Jonemaro, Eriq Muhammad Adams
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Salah satu layanan dari PT PLN yaitu layanan premium (Premium Service) membutuhkan proses yang panjang dan kegiatan dari beberapa pemangku kepentingan Di dalamnya. Di dalam proses layanan premium tersebut, terdapat masalah Di dalamnya yang terkadang masalah tersebut menyebabkan pelanggan yang mendaftar berakhir gagal berlangganan Premium Service karena terhambatnya beberapa proses yang tidak terpantau. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, sistem informasi manajemen untuk pengelolaan internal dari layanan premium bisa menjadi solusinya. Sistem dikembangkan menggunakan Waterfall model dan pemodelan sistem berorientasi objek. Pada tahapan analisis kebutuhan mendapatkan gambaran dari proses bisnis menggunakan Business Process Modelling dan pemodelan kebutuhan menggunakan use case. Tahapan perancangan menghasilkan sequence diagram, package diagram, perancangan basis data, perancangan algoritme, serta perancangan antarmuka. Tahap implementasi didapatkan kode sumber berdasarkan hasil dari perancangan. Pada tahap pengujian, dilakukan pengujian unit menggunakan salah satu teknik pada metode white box yaitu basis path testing untuk mendapati kompleksitas kode program. Pengujian black box testing mendapatkan hasil valid pada seluruh kasus uji. Untuk menguji sistem yang dikembangkan dapat berjalan di seluruh jenis web browser dilakukan pengujian compatibility yang mendapatkan hasil maka sistem informasi manajemen layanan premium dapat berjalan di hampir seluruh web-browser.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8938
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com