Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Layanan Premium Berbasis Web (Studi Kasus : PT. PLN Distribusi Jakarta Raya)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Layanan Premium Berbasis Web (Studi Kasus : PT. PLN Distribusi Jakarta Raya) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Ardiyansyah, Muhammad Rifat Rusdianto, Denny Sagita Jonemaro, Eriq Muhammad Adams Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Salah satu layanan dari PT PLN yaitu layanan premium (Premium Service) membutuhkan proses yang panjang dan kegiatan dari beberapa pemangku kepentingan Di dalamnya. Di dalam proses layanan premium tersebut, terdapat masalah Di dalamnya yang terkadang masalah tersebut menyebabkan pelanggan yang mendaftar berakhir gagal berlangganan Premium Service karena terhambatnya beberapa proses yang tidak terpantau. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, sistem informasi manajemen untuk pengelolaan internal dari layanan premium bisa menjadi solusinya. Sistem dikembangkan menggunakan Waterfall model dan pemodelan sistem berorientasi objek. Pada tahapan analisis kebutuhan mendapatkan gambaran dari proses bisnis menggunakan Business Process Modelling dan pemodelan kebutuhan menggunakan use case. Tahapan perancangan menghasilkan sequence diagram, package diagram, perancangan basis data, perancangan algoritme, serta perancangan antarmuka. Tahap implementasi didapatkan kode sumber berdasarkan hasil dari perancangan. Pada tahap pengujian, dilakukan pengujian unit menggunakan salah satu teknik pada metode white box yaitu basis path testing untuk mendapati kompleksitas kode program. Pengujian black box testing mendapatkan hasil valid pada seluruh kasus uji. Untuk menguji sistem yang dikembangkan dapat berjalan di seluruh jenis web browser dilakukan pengujian compatibility yang mendapatkan hasil maka sistem informasi manajemen layanan premium dapat berjalan di hampir seluruh web-browser.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8938 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|