Record Details

Perancangan dan Evaluasi User Experience Aplikasi Microteaching Pendukung Standar Kompetensi Mahasiswa Calon Guru berbasis Mobile dengan Pendekatan Human Centered Design dan Remote Usability Testing

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan dan Evaluasi User Experience Aplikasi Microteaching Pendukung Standar Kompetensi Mahasiswa Calon Guru berbasis Mobile dengan Pendekatan Human Centered Design dan Remote Usability Testing
 
Added Entry - Uncontrolled Name Putra, Anak Agung Adi Wiryya
Rokhmawati, Retno Indah
Az-Zahra, Hanifah Muslimah
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Perancangan dan Evaluasi User Experience Aplikasi Microteaching Pendukung Standar Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Berbasis Mobile Dengan Pendekatan Human Centered Design dan Remote Usability Testing dilakukan dengan tujuan untuk mendukung tercapainya standar kompetensi mahasiswa calon guru melalui perancangan aplikasi yang digunakan dalam merefleksi kegiatan microteaching. Pendekatan yang digunakan dalam perancangan yaitu Human Centered Design, sedangkan metode yang digunakan dalam pengujian yaitu Remote Usability Testing dan Retrospective Think Aloud. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan aktivitas mengumpulkan data, menganalisis data, hingga akhirnya memperoleh informasi terkait hasil pengolahan data tersebut. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri atas dosen pengampu mata kuliah Pembelajaran Mikro dan Pengelolaan Kelas, guru SMK, dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi. Berdasarkan pengujian efektivitas dengan perhitungan success rate menunjukkan bahwa prototype memperoleh nilai success rate sebesar 95.2%. Berdasarkan hasil perhitungan dengan time based efficiency, nilai efisiensi dari prototype yaitu 0.155 goals/detik. Pada aspek kemudahaan penggunaan memperoleh nilai sebesar 6.76 dengan pengukuran Single Ease Question (SEQ) yang menandakan bahwa aplikasi microteaching dikategorikan sebagai aplikasi yang sangat mudah digunakan. Perbaikan dilakukan pada halaman splash screen dan beranda yang lebih mengarah pada perbaikan tampilan, memperjelas tombol, dan juga menghilangkan tombol yang tidak memiliki fungsi agar lebih memudahkan pengguna.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10524
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 1 (2022): Januari 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com