Record Details

Konsumsi Energi Menggunakan Protokol Routing Temporally Ordered Routing Algorithm (TORA) Pada Jaringan Mobile Ad-Hoc Network (MANET)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Konsumsi Energi Menggunakan Protokol Routing Temporally Ordered Routing Algorithm (TORA) Pada Jaringan Mobile Ad-Hoc Network (MANET)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Prasetyo, Sandy
Trisnawan, Primantara Hari
Bakhtiar, Fariz Andri
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Self-configure merupakan keunikan yang terdapat pada jaringan MANET, yang mana jaringan ini terbentuk dari node node independen yang saling berkomunikasi. Pada MANET terdapat mekanisme standarisasi penentuan rute dalam pengiriman paket data yang disebut dengan protokol routing. Node pada jaringan MANET membutuhkan energi untuk dapat berkomunikasi, sedangkan energi pada node terbatas. Oleh karena itu ketika melakukan uji kinerja jaringan konsumsi energi menjadi faktor yang perlu diperhitungkan. Temporally Ordered Routing Algorithm (TORA) merupakan protokol routing yang dapat beroperasi pada jaringan MANET. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung konsumsi energi pada jaringan MANET dengan mengimplementasikan protokol TORA. Simulasi dilakukan dengan skenario penambahan jumlah node dari 30, 50 ke 70 pada luas area 1000m x 1000m dengan energi awal 1000 Joule serta waktu simulasi 100 detik. Skenario ini dilakukan pada dua model mobilitas yang berbeda yaitu fixed grid model dan random waypoint model. Dari simulasi didapatkan data nilai rata-rata konsumsi energi pada fixed grid model untuk 30 node adalah 65,374 Joule, 50 node adalah 62,262 Joule dan 70 node adalah 61,549 Joule. Sedangkan pada random waypoint model untuk 30 node adalah 62,807 Joule, 50 node adalah 55,808 Joule dan 70 node adalah 54,388 Joule. Dengan skenario penambahan jumlah node terjadi penurunan nilai rata rata konsumsi energi pada kedua model mobilitas, hal ini terjadi karena adanya mekanisme multi rute pada TORA.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8943
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com