Aplikasi Wisata Virtual Pantai Balekambang dan Watu Leter di Malang Raya dengan Lingkungan Suasana Terintegrasi
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Aplikasi Wisata Virtual Pantai Balekambang dan Watu Leter di Malang Raya dengan Lingkungan Suasana Terintegrasi |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Wicaksono, Alexander Krisna Giri Tolle, Herman Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Kota Malang merupakan salah satu tujuan wisata favorit di tanah air. Namun, pantai-pantai yang terdapat di Malang Selatan masih tergolong sepi oleh wisatawan. Hal ini disebabkan karena jaraknya yang jauh dari pusat kota, sehingga wisatawan kebanyakan lebih memilih untuk mengunjungi objek wisata di pusat kota dan daerah Batu saja. Padahal, pantai-pantai di Malang Selatan memiliki keindahan dan keunikan yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Dengan makin banyaknya sarana dan media yang mendukung implementasi virtual reality, inovasi yang banyak diaplikasikan adalah menggunakan wisata virtual. Banyak perusahaan di bidang industri pariwisata melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi digital ini. Inovasi menggunakan virtual reality pada bidang pariwisata yang telah dilakukan telah terbukti memberikan dampak yang positif. Berdasarkan masalah yang telah diuraikan, dikembangkan aplikasi wisata virtual Pantai Balekambang dan Watu Leter di Malang Raya dengan Lingkungan Suasana Terintegrasi. Dalam pengembangannya, aplikasi ini menggunakan software development life cycle (SDLC) Agile dan berbasis Web VR. Aplikasi ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu aplikasi VR untuk pengguna, dan aplikasi admin untuk mengelola data tempat wisata dan spot yang akan digunakan oleh pengguna. Implementasi aplikasi ini menggunakan HTML, CSS, PHP, dan Javascript. HTML dan CSS digunakan untuk membuat tampilan dengan bantuan Bootstrap. PHP dan Javascript digunakan untuk menjalankan fungsi aplikasi dengan bantuan Laravel dan A-Frame. Pengujian aplikasi ini menggunakan metode pengujian black box untuk kebutuhan fungsional, serta pengujian usability dan compability untuk kebutuhan non fungsional. Dari hasil pengujian black box didapati bahwa seluruh kebutuhan fungsional bernilai valid. Dari hasil pengujian usability didapati bahwa aplikasi VR tanpa lingkungan suasana mendapatkan skor rata-rata System Usability Testing (SUS) sebesar 70.42, aplikasi VR dengan lingkungan suasana mendapatkan skor SUS sebesar 80.83, dan aplikasi admin mendapatkan skor SUS sebesar 72.5.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9613 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 8 (2021): Agustus 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|