Record Details

Analisis Faktor Hambatan Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring (Studi Kasus: Kelas X Multimedia SMK National Media Center Malang)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis Faktor Hambatan Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring (Studi Kasus: Kelas X Multimedia SMK National Media Center Malang)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Pravitasari, Cristina
Wijoyo, Satrio Hadi
Wardhono, Wibisono Sukmo
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan pembelajaran yang menggunakan teknologi yang peserta didik dan pendidik tidak terbatas oleh ruang maupun waktu. Kebijakan belajar dari rumah dalam masa pandemi virus corona (Covid-19) menyebabkan seluruh lembaga pendidikan melaksanakan pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor hambatan dan besarnya hambatan yang dialami peserta didik serta pengaruhnya terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online berbasis skala Likert yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas dengan korelasi product moment Pearson dan uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X Multimedia SMK National Media Center Malang. Sampel penelitian yaitu 20% dari populasi dengan jumlah sampel 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan siswa dikelompokkan menjadi faktor internal dengan rata-rata hambatan sebesar 59,45% dan faktor eksternal dengan rata-rata hambatan sebesar 53,2%. Faktor internal terdiri dari pemahaman dengan rata-rata hambatan sebesar 57,9% dan konsentrasi dengan rata-rata hambatan konsentrasi sebesar 61%. Faktor eksternal terdiri dari fasilitas dengan rata-rata hambatan sebesar 51,4% dan lingkungan dengan rata-rata hambatan sebesar 55%. Terdapat pengaruh secara parsial antara faktor hambatan pemahaman dan konsentrasi terhadap pelaksanaan pembelajaran daring, sedangkan untuk fasilitas dan lingkungan tidak terdapat pengaruh parsial. Terdapat pengaruh simultan antara keempat faktor tersebut terhadap pelaksanaan pembelajaran daring.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9490
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 7 (2021): Juli 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com