Eksplorasi Pengalaman Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus: Mahasiswa SAP Sistem Informasi Angkatan 2019 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Eksplorasi Pengalaman Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus: Mahasiswa SAP Sistem Informasi Angkatan 2019 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya) |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Pratiwi, Risky Danamonika Priharsari, Diah Fanani, Lutfi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Awal pandemi covid-19 terjadi saat penyebaran virus corona memasuki wilayah Wuhan, China. Setelah China penyebaran virus diikuti oleh beberapa negara lainnya termasuk Indonesia. Virus ini menyebabkan dampak pada sektor pendidikan di Indonesia. Sektor pendidikan dengan tanggap melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut dengan melakukan pembelajaran daring. Pembelajaran daring dilakukan mulai dari tingkat Sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengalaman apa saja yang didapatkan oleh mahasiswa selama proses pembelajaran daring. Untuk mendapatkan informasi mengenai pengalaman mahasiswa, peneliti melakukan eksplorasi faktor-faktor dari persoalan -persoalan yang dihadapi, kegiatan disukai dan kegiatan tidak disukai oleh mahasiswa. Persoalan tersebut fokus pada sistem informasi, dimana bukan hanya teknologi melainkan bagaimana pengaruh lingkungan sekitar dan mahasiswa dalam menjalan teknologi selama pembelajaran daring. Eksplorasi dilakukan dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi struktur. Wawancara dilakukan pada mahasiswa SAP Sistem Informasi angkatan 2019 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Wawancara melibatkan 13 mahasiswa dengan jumlah yang ditentukan oleh saturasi data. Data diolah dengan analisis thematic coding menggunakan bantuan aplikasi Atlas.ti. Hasil temuan dari penelitian ini adanya saran untuk memperbaiki faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman pembelajaran daring dari setiap aspek yang ditemukan sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Saran yang diberikan berdasarkan hasil analisis data dari pengalaman disukai dan tidak disukai yang didapatkan selama proses pembelajaran daring. Saran tersebut dibuat untuk semua pemangku kepentingan sehingga adanya perbaikan proses pembelajaran daring selanjutnya.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8509 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 2 (2021): Februari 2021 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|