Record Details

Eksplorasi Pengalaman Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus: Mahasiswa SAP Sistem Informasi Angkatan 2019 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Eksplorasi Pengalaman Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus: Mahasiswa SAP Sistem Informasi Angkatan 2019 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Pratiwi, Risky Danamonika
Priharsari, Diah
Fanani, Lutfi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Awal pandemi covid-19  terjadi saat penyebaran virus corona memasuki  wilayah Wuhan, China. Setelah China  penyebaran virus diikuti oleh beberapa negara lainnya termasuk Indonesia. Virus ini menyebabkan dampak pada sektor pendidikan di Indonesia. Sektor pendidikan dengan tanggap melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut dengan melakukan pembelajaran daring. Pembelajaran daring dilakukan mulai dari tingkat Sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengalaman apa saja yang didapatkan oleh mahasiswa selama proses pembelajaran daring.  Untuk mendapatkan informasi mengenai pengalaman mahasiswa, peneliti melakukan eksplorasi faktor-faktor dari persoalan -persoalan yang dihadapi, kegiatan disukai dan kegiatan tidak disukai oleh mahasiswa. Persoalan tersebut fokus pada sistem informasi, dimana bukan hanya teknologi melainkan bagaimana pengaruh lingkungan sekitar dan mahasiswa dalam menjalan teknologi selama pembelajaran daring. Eksplorasi dilakukan dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara semi struktur. Wawancara dilakukan pada mahasiswa SAP Sistem Informasi angkatan 2019 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Wawancara melibatkan 13 mahasiswa dengan jumlah yang ditentukan oleh saturasi data. Data diolah dengan analisis thematic coding menggunakan bantuan aplikasi Atlas.ti. Hasil temuan dari penelitian ini adanya saran untuk memperbaiki faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman pembelajaran daring dari setiap aspek yang ditemukan sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Saran yang diberikan berdasarkan hasil analisis data dari pengalaman disukai dan tidak disukai yang didapatkan selama proses pembelajaran daring. Saran tersebut dibuat untuk semua pemangku kepentingan sehingga adanya  perbaikan proses pembelajaran daring selanjutnya.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8509
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 2 (2021): Februari 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com