Record Details

Analisis Pengaruh Peserta Didik, Pendidikan, dan Lingkungan terhadap Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring dan Luring pada masa pandemi COVID-19 (Studi Kasus: Peserta Didik SMK Bhakti Anindya Kota Tangerang)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis Pengaruh Peserta Didik, Pendidikan, dan Lingkungan terhadap Efektivitas Sistem Pembelajaran Daring dan Luring pada masa pandemi COVID-19 (Studi Kasus: Peserta Didik SMK Bhakti Anindya Kota Tangerang)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Ukur, Jofy Eljabar
Wijoyo, Satrio Hadi
Wicaksono, Satrio Agung
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Munculnya pandemi Covid - 19 di Indonesia memberikan dampak yang besar bagi Indonesia khususnya dalam sistem pendidikan. Dampak dari adanya Covid - 19 yang terjadi mengharuskan sekolah - sekolah di Indonesia khususnya SMK Bhakti Anindya mengubah sistem pembelajarannya dari sistem pembelajaran luring menjadi daring. Berubahnya sistem pengajaran dari pembelajaran dengan sistem luring (offline) ke pembelajaran dengan sistem daring yang dilakukan oleh sekolah tentunya memicu banyak persoalan. Dalam metode pembelajaran daring, siswa diharuskan untuk belajar secara mandiri. Hal ini dikarenakan pembelajaran daring berpusat pada siswa, sehingga siswa harus memiliki sikap tanggung jawab dan otonomi dalam belajar. Selain itu dalam sisi pendidik, pembelajaran daring juga memiliki tantangan tersendiri. Pembelajaran yang terpisah antara murid dan guru menyebabkan guru tidak bisa memantau proses belajar siswa secara langsung seperti apa yang mereka lakukan sebelumnya dalam pembelajaran luring. Pada penelitian kali ini, penulis menguji bagaimana pengaruh peserta didik, pendidik dan lingkungan terhadap efektifitas metode pembelajaran dengan menggunakan metode daring maupun metode luring di SMK Bhakti Anindya Kota Tangerang. Dalam penelitian ini, penulis melakukan observasi, wawancara serta membagikan kuesioner untuk mengumpulkan data prime. Pada penelitian ini, penulis menggunakan teknik random sampling dalam proses pengambilan data dengan jumlah responden 30 siswa dari kelas XI Multimedia SMK Bhakti Anindya. Untuk pengolahan data, penulis menggunakan uji parsial (uji t), uji koefisiensi determinasi, pengujian korelasi product moment, serta pengujian regresi linier sederhana. Setelah melakukan proses pengolahan data, penulis mendapatkan hasil sebagai berikut (1) ada pengaruh parsial antara media pembelajaran daring terhadap peserta didik dengan nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 7,787 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 2,048 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (2) ada pengaruh parsial antara media pembelajaran daring terhadap pendidik dengan nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 15,273 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 2,048 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (3) ada pengaruh parsial antara media pembelajaran luring terhadap peserta didik dengan nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 8,991 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 2,048 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (4) tidak ada pengaruh parsial antara media pembelajaran luring dengan pendidik dengan nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 -0,404 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 2,048 dan nilai signifikansi 0,690 < 0,05.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9884
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 10 (2021): Oktober 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com