Penerapan Jaringan Saraf Tiruan Untuk Bantuan Pengereman Pemain Pada Gim Balapan
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
View Archive InfoField | Value | |
ISSN |
2548-964X |
|
Authentication Code |
dc |
|
Title Statement |
Penerapan Jaringan Saraf Tiruan Untuk Bantuan Pengereman Pemain Pada Gim Balapan |
|
Added Entry - Uncontrolled Name |
Halim, Mochamad Akbar, Muhammad Aminul Afirianto, Tri Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya |
|
Summary, etc. |
Gim balapan adalah genre gim elektronik bertema kompetisi balap yang mana pemain berkompetisi melawan pemain lain atau komputer untuk mencapai garis akhir dengan waktu penyelesaian lintasan tercepat. Gim balapan berfokus pada kemampuan refleks, teknik balapan dan pengetahuan lintasan, sehingga wajar bila pemain pemula banyak melakukan kesalahan seperti keluar lintasan atau menabrak dinding. Salah satu teknik yang sulit dikuasai pemain pemula adalah pengaturan waktu rem. Kesalahan dalam pengaturan waktu rem dapat menyebabkan pemain menabrak pembatas lintasan, menambah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan lintasan. Untuk meningkatkan performa pemain pemula, diperlukan bantuan pengereman untuk membiasakan dan membantu pemain pemula dengan menirukan pengaturan waktu rem seorang pemain ahli. JST (Jaringan Saraf Tiruan) adalah algoritme yang dapat mempelajari pola dari sekumpulan data dan memiliki kemampuan untuk mengurangi kesalahan, sehingga algoritme ini cocok untuk diterapkan dalam bantuan pengereman. Metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem bantuan pengereman adalah metode JST. Sistem bantuan pengereman diimplementasikan dalam framework racing game starter kit, sebuah paket asset dari Unity Asset Store. Data balapan pemain ahli direkam, lalu sebuah algoritme dilatih mempelajari data tersebut. Semua kebutuhan fungsional JST telah divalidasi menggunakan pengujian blackbox, pengujian F1 Score 0,78 dan pengujian penerimaan pengguna menunjukkan penurunan jumlah tabrakan, tapi waktu penyelesaian lintasan bertambah.
|
|
Publication, Distribution, Etc. |
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya |
|
Electronic Location and Access |
application/pdf http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6746 |
|
Data Source Entry |
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 3 No 11 (2019): November 2019 |
|
Language Note |
ind |
|
Terms Governing Use and Reproduction Note |
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer |
|