Record Details

Perancangan Desain Interaksi Modul Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pada Aplikasi Malang Sehat Dengan Menggunakan Metode HCD (Human-Centered Design)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Perancangan Desain Interaksi Modul Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pada Aplikasi Malang Sehat Dengan Menggunakan Metode HCD (Human-Centered Design)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Az-Zahara, Andika Fatimah
Tolle, Herman
Rokhmawati, Retno Indah
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang. Dalam pencapaian peningkatan akses dan pelayanan kesehatan tersebut, Pemerintah tidak hanya mewujudkannya melalui pembenahan sarana serta prasarana pendukung, tetapi juga berupa layanan kesehatan berbasis aplikasi yang memudahkan pasien memperoleh akses pelayanan kesehatan. Dewasa ini, banyak sekali negara-negara yang berinovasi untuk membangun smart city demi memaksimalkan pelayanan untuk masyarakatnya, termasuk negara Indonesia. Saat ini Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Malang turut berupaya untuk ikut mengembangkan Malang menuju smart city. Maka dari itu, untuk mewujudkan keinginan tersebut salah satunya dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kota Malang, sehingga perlu dilakukan perancangan desain interaksi aplikasi pelayanan kesehatan berbasis mobile apps yang terintegrasi agar dapat memberikan pelayanan secara efektif, efisien dan nyaman digunakan masyarakat. Perancangan desain interaksi ini menerapkan metode HCD yang berfokus pada pengguna dan stakeholder. Pada tahap evaluasinya, pengujian dilakukan dengan 20 partisipan menggunakan teknik Remote Usability Testing dan menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS), kemudian didapatkan hasil pengujian yaitu nilai aspek effectiveness sebesar 99%, nilai efficiency sebesar 83% dan nilai satisfaction 77,1 yang berarti mendapatkan Grade Scale bernilai C dengan tingkat acceptable yang termasuk tinggi. Dengan hasil skor ini mendapatkan adjective ratings pada kategori ‘Good'.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8464
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 1 (2021): Januari 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com