Record Details

Analisis Teknologi dan Permasalahan pada Pembelajaran Jarak Jauh dimasa Pandemi Covid-19 pada Siswa SMK (Studi Kasus: Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 1 Jenangan)

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis Teknologi dan Permasalahan pada Pembelajaran Jarak Jauh dimasa Pandemi Covid-19 pada Siswa SMK (Studi Kasus: Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 1 Jenangan)
 
Added Entry - Uncontrolled Name Al-Marzuq, Humam Huwaidi
Priharsari, Diah
Kariyoto, Kariyoto
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Sudut pandang dari siswa mengenai blended learning yang dilakukan selama pandemi COVID-19 berlangsung di SMKN 1 Jenangan. Blended learning merupakan hal yang harus dilakukan oleh siswa-siswa SMK mengingat mereka membutuhkan praktik dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama pandemi berlangsung, sehingga terdapat kelas online (Daring) yang mereka lakukan. Blended learning dilakukan hanya pada mata pelajaran tertentu, seperti mata pelajaran produktif. Responden dalam wawancara semi struktur melibatkan 8 siswa Jurusan Teknik Pemesinan SMKN 1 Jenangan. Jumlah dari responden dalam penelitian ini disesuaikan dengan kebutuhan data untuk penelitan. Proses wawancara dilakukan oleh peneliti dengan direkam dan telah mendapatkan izin dari setiap responden penelitian. Waktu yang digunakan untuk setiap responden 8 - 15 menit. Setelah wawancara semi struktur selesei, peneliti memberikan tambahan metode yaitu pengamatan. Pengamatan dilakukan untuk melakukan validasi data yang dihasilkan dari wawancara semi struktur sebelumnya. Setelah dua metode selesei, peneliti melakukan analisis dengan metode analisis tematik coding menggunakan alat bantu Atlas.ti 9 dan didapatkan hasil tematik coding didapatkan 5 tema utama dan 39 tema sekunder. Lima tema utama tersebut sebagai berikut : (1) Pembelajaran Online, (2) Pembelajaran Offline, (3) Penggunaan Teknologi, (4) Kendala Pembelajaran, (5) Saran dan Harapan Pembelajaran. Dalam 5 kode tersebut terdapat 39 tema sekunder yang menjelaskan mengenai proses blended learning, pemanfaatan teknologi selama proses blended learning, kendala yang dialami selama proses blended learning, dan saran dan harapan proses blended learning dari perspektif siswa.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9972
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 10 (2021): Oktober 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com