Record Details

Analisis Sequential Pattern Mining untuk Menggali Informasi Proses Belajar pada Media Pembelajaran Aritmatika

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Analisis Sequential Pattern Mining untuk Menggali Informasi Proses Belajar pada Media Pembelajaran Aritmatika
 
Added Entry - Uncontrolled Name Gunawan, Rudi
Supianto, Ahmad Afif
Herlambang, Admaja Dwi
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Penerapan teknologi pendidikan sering digunakan untuk menunjang proses pembelajaran, salah satunya media pembelajaran aritmatika. Penggunaan media pembelajaran dalam tindakan proses belajar siswa yang sudah dilakukan, bisa menyimpan data pada bentuk data log. Data log urutan proses belajar siswa yang telah dihasilkan perlu dilakukan pengolahan informasi dan analisis untuk mengidentifikasi pola belajar yang sama guna membantu pengajar memberikan masukan yang sesuai. Penelitian ini bertujuan memanfaatkan data log dari media pembelajaran aritmatika dengan menggunakan metode sequential pattern mining yang digunakan untuk menggali informasi yang berguna dari proses belajar siswa saat mengerjakan soal. Algoritme yang digunakan adalah Sequential PAttern Discovery using Equivalent classes (SPADE). Algoritme SPADE diterapkan untuk mengidentifikasi pola belajar yang sama berdasarkan aktivitas proses belajar siswa saat menggunakan media pembelajaran tersebut. Selanjutnya, pola belajar yang telah berhasil diperoleh akan dilakukan penggalian informasi untuk dianalisis pola belajar yang sama berdasarkan kategori kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal. Berdasarkan hasil implementasi dan analisis yang telah dilakukan terhadap 17 soal yang berhasil diolah pada media pembelajaran aritmatika, dihasilkan 6 pola kegiatan belajar yang bervariasi pada tiap soal dan level, yaitu: pola 1, pola 2, pola 3, pola 4, pola 5, dan pola 6. Setiap pola membutuhkan umpan balik yang berbeda untuk mengoptimalkan kemajuan belajar siswa.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10981
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 6 No 5 (2022): Mei 2022
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com