Record Details

Implementasi Platform Google Classroom sebagai Suplemen Pembelajaran Model Hybrid System pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 4 Malang

Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

View Archive Info
 
 
Field Value
 
ISSN 2548-964X
 
Authentication Code dc
 
Title Statement Implementasi Platform Google Classroom sebagai Suplemen Pembelajaran Model Hybrid System pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Negeri 4 Malang
 
Added Entry - Uncontrolled Name AA, Sri Nasatal Ula Chamidah
Herlambang, Admaja Dwi
Amalia, Faizatul
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
 
Summary, etc. Selama pelaksanaan penelitian di SMK Negeri 4 Malang pada kelas X Multimedia mata pelajaran pemrograman dasar, peneliti mendapati guru pemrograman dasar belum menghadirkan inovasi kemenarikan materi belajar yang dapat digunakan oleh siswa. Guru berusaha memfasilitasi siswa memperbolehkan penggunaan smartphone dalam pembelajaran untuk mengakses informasi materi pembelajaran. Smartphone yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk mengakses berbagai informasi mengenai materi pembelajaran justru belum dimanfaatkan secara maksimal. Siswa lebih memilih mengakses sosial media, bermain game online daripada mencari materi pembelajaran yang diminta. Kegiatan pembelajaran tersebut menunjukkan rendahnya inisiatif dan kemandirian siswa dalam belajar. Dengan perkembangan teknologi pada bidang pendidikan menuntut para pendidik lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran di kelas. Alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang mengintegrasikan inovasi dan kemajuan teknologi melalui sistem online learning dengan interaksi antara guru dan siswa. Metode pembelajaran Hybrid System berbantuan kemenarikan materi adalah solusi untuk mengatasi permasalahan siswa terkait kemandirian belajar. Menyajikan materi pembelajaran yang menarik membuat para siswa tidak jenuh terhadap materi pembelajaran yang disampaikan. Hybrid System merupakan pembelajaran campuran antara online dan pertemuan tatap muka dalam satu aktivitas pembelajaran yang terintegrasi. Model pembelajaran ini dapat digabungkan dengan penerapan suatu Learning Management System (LMS) dalam pembelajaran online salah satunya adalah Google Classroom. Hasil penerapan setelah pengaruh model pembelajaran Hybrid System berbantuan Google Classroom berisi kemenarikan materi siswa memperoleh kategori tinggi. Dikarenakan siswa hampir sebagian besar mampu melaksanakan permasalahan tugasnya secara mandiri. Siswa yang memperoleh kategori rendah sebelum pengaruh model pembelajaran Hybrid System digunakan.
 
Publication, Distribution, Etc. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya
 
Electronic Location and Access application/pdf
http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9688
 
Data Source Entry Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol 5 No 9 (2021): September 2021
 
Language Note ind
 
Terms Governing Use and Reproduction Note Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
 


www.freevisitorcounters.com